ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN PUSKESMAS MABELOPURA KOTA PALU PROVINSI SULAWESI TENGAH

Penulis

  • Sri Naharindah Ningsih S Universitas Pelita Harapan
  • Ikhlasul Achyar Ajami Unversitas Pelita Harapan
  • Innocentius Bernarto Unversitas Pelita Harapan

Kata Kunci:

Sarana prasarana, kepedulian, keandalan, ketanggapan, kepastian

Abstrak

Puskesmas merupakan pusat kesehatan masyarakat dalam skala perioritas pertama yang bersifat preventif dalam memberikan fasilitas kesehatan untuk perseorangan. Kepuasan pasien pada puskesmas sangat dipengaruhi oleh berbagai variabel yang meliputi sarana prasarana (tangible), kepedulian (empathy), keandalan (reliablity), ketanggapan (responsive), kepastian (asurance). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi tingkat kepuasan pasien terhadap mekanisme manajemen pelayanan Puskesmas Mabelopura Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah Pengambilan data melalui kuisioner dalam bentuk pertanyaan empiris reability terhadap 80 orang responden yang selanjutnya dilakukan pengolahan analisis melalui uji statistik SPSS dalam bentuk uji normalitas, uji multikolinearitas, uji regresi linear berganda yaitu uji T dan uji F. Kebenaran hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang nyata baik secara parsial maupun secara stimultan atas variabel tangible, empaty, reliability, responsive, esurance terhadap nilai kepuasan pasien, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Diperoleh tidak terdapat multikolinearitas karena nilai tolerance > 0,1 (alpha 10%) dan VIF < 10. Hasil T hitung > T tabel dan hasil uji F diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05.

Puskesmas is a community health center on a preventive first priority scale in providing health facilities for individuals. Patient satisfaction at community health centers is greatly influenced by various variables which include tangible facilities, empathy, reliability, responsiveness and assurance. This study aims to determine the significance of the level of patient satisfaction with the service management mechanism of the Mabelopura Community Health Center, Palu City, Central Sulawesi Province Collecting data through questionnaires in the form of empirical reliability questions for 80 respondents, which were then analyzed through SPSS statistical tests in the form of normality tests, multicollinearity tests, multiple linear regression tests, namely the T test and F test.The truth of the hypothesis shows that there is a real influence both partially and simultaneously on the variables tangible, empathy, reliability, responsiveness, assurance on patient satisfaction scores, so that Ho is rejected and H1 is accepted. It was found that there was no multicollinearity because the tolerance value was > 0.1 (alpha 10%) and VIF < 10. The results of T count > T table and the results of the F test obtained a sig value of 0.000 < 0.05.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20