HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NUSA CENDANA
Kata Kunci:
Mahasiswa, Tipe Kepribadian, Prokrastinasi AkademikAbstrak
Prokrastinasi akademik adalah fenomena yang marak terjadi pada mahasiswa dalam mengerjakan tugas akademik terutama dalam mengerjakan skripsi. Prokrastinasi akademik seringkali dikaitkan dengan tipe kepribadian. Prokrastinasi akademik dapat dipahami sebagai pola sifat yang bergantung pada kepribadian atau sebagai perilaku yang terjadi dalam berbagai situasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tipe kepribadian dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Nusa Cendana yang sedang mengerjakan skripsi. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 210 mahasiswa yang diambil secara accidental sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari Jung’s Type Indicator (JTI) untuk mengukur tipe kepribadian ekstrovert dan introvert serta skala prokrastinasi akademik yang disusun berdasarkan teori Ferrari (1995). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki tipe kepribadian introvert (84,8%) dan tingkat prokrastinasi akademik yang sedang (73,8%). Uji One Way ANOVA menghasilkan p-value sebesar 0,097, yang menunjukkan tidak terdapat hubungan signifikan antara tipe kepribadian dengan prokrastinasi akademik. Temuan ini menjelaskan faktor lain selain tipe kepribadian yang menyebabkan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yaitu keadaan fisik dan kondisi kesehatan individu, seperti tubuh yang sakit, ataupun kelelahan, pengaruh suasana hati, manajemen waktu, manajemen prioritas, serta ketersediaan fasilitas. Temuan ini dapat membantu mahasiswa untuk lebih dapat mengevaluasi diri dalam menyelesaikan tugas akademik penulisan skripsi dengan memperhatikan berbagai faktor yang mempengaruhi sehingga dapat mencari solusi yang lebih tepat.
Academic procrastination is a common phenomenon among students in doing academic assignments, especially in doing their thesis. Academic procrastination is often associated with personality type. Academic procrastination can be understood as a pattern of traits that depend on personality or as behavior that occurs in various situations. This study aims to analyze the relationship between personality type and academic procrastination in students of the Faculty of Public Health, Nusa Cendana University who are working on their thesis. The method used is quantitative research with a correlational design. The research sample consisted of 210 students taken by accidental sampling. The instruments used consisted of Jung's Type Indicator (JTI) to measure extrovert and introvert personality types and an academic procrastination scale compiled based on Ferrari's theory (1995). The results showed that the majority of students had an introvert personality type (84.8%) and a moderate level of academic procrastination (73.8%). The One Way ANOVA test produced a p-value of 0.097, indicating that there was no significant relationship between personality type and academic procrastination. This finding explains other factors besides personality type that cause academic procrastination in students, namely the physical condition and health conditions of individuals, such as illness or fatigue, the influence of mood, time management, priority management, and the availability of facilities. This finding can help students to better evaluate themselves in completing academic tasks of writing a thesis by considering various influencing factors so that they can find a more appropriate solution.