ANALISIS FAKTOR PENYEBAB ANAK LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DIKELAS 2B MI AL-ISTIQOMAH BANYUSARI KARAWANG
Kata Kunci:
Anak Lamban Belajar, Faktor Penyebab, Slow Learning, Analisis Pendidikan, Mi Al-IstiqomahAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apa yang menyebabkan anak-anak di kelas 2B MI Al-Istiqomah Banyusari Karawang lamban belajarĀ (slow learner), dan juga untuk mengetahui seberapa efektif metode Applied Behavior Analysis (ABA) sebagai intervensi. Berdasarkan hasil pengamatan akademik dan sosial, tiga siswa yang menjadi subjek penelitian telah diidentifikasi sebagai siswa yang lambat dalam belajar. Adapun faktor penyebab anak lamban belajar dikelas 2B Mi Al-Istiqomah diantaranya kurang konsentrasi, kurangnya keterlibatan aktif dalam pembelajaran, kurangnya interaksi sosial dengan teman sebaya, kesulitan memahami materi, dan kurangnya kemandirian dalam mengerjakan tugas. Metode penelitian menggunakan desain A-B-A (satu kasus) dan menguji kemampuan membaca dan berhitung selama satu minggu. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan membaca dan berhitung meningkat selama fase intervensi, tetapi ada penurunan atau stabilitas selama fase baseline kedua. Penelitian ini menemukan bahwa intervensi ABA meningkatkan kemampuan akademik siswa dalam jangka pendek; namun, untuk mempertahankan hasil dan mengatasi tantangan akademik, sosial, dan psikologis yang dihadapi siswa, diperlukan pendekatan tambahan dan dukungan berkelanjutan.