IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BERBICARA PADA ANAK DI SDS IT SASTRA ATMANEGARA
Kata Kunci:
Kesulitan Berbicara, Implementasi BKI, Bimbingan dan Konseling Islam, Sekolah Dasar Islam TerpaduAbstrak
Kemampuan berbicara merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia sekolah dasar karena berkaitan langsung dengan keberhasilan akademik, sosial, dan emosional. Kesulitan berbicara dapat disebebkan oleh faktor biologis maupun lingkungan, Perlu segera ditangani agar tidak menghambat proses belajar dan interaksi sosial anak. Dalam perspektif Islam, kemampuan berbicara adalah anugerah yang harus digunakan untuk menyampaikan kebenaran, Sebagaimana tercantum dalam Al-Qur'an Surat Al-Balad ayat 8-9. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) sebagai pendekatan strategis untuk membantu siswa mengatasi hambatan berbicara melalui pendekatan spriritual, pembinaan karakter, dan peningkatan kepercayaan diri anak Melalui aktivitas seperti doa, dzikir, dan pembiasaan komunikasi yang Islami, pendekatan dilakukan secara religius. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dalam kerangka metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, serta analisis dokumen pendukung. Data yang diperoleh dianalisis dan dihubungkan dengan teori-teori Bimbingan dan Konseling Islam serta perkembangan Bahasa anak.Hasil yang diharapkan dari penelitian ini berupa publikasi artikel ilmiah pada jurnal yang terindeks Sinta 3. Selain itu, penelitian ini diharapkan menghasilkan rekomendasi praktis bagi guru, konselor, dan orangtua dalam mengembangkan strategi BKI untuk membantu mengatasi anak yang mengalami kesulitan berbicara. Hasil penelitian ini juga dapat menjadi referensi dalam pengembangan layanan BKI di sekolah dasar berbasis Islam lainnya.