PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA KARTU INDONESIA PINTAR KULIAH (KIP-K) DI UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG

Penulis

  • Dance Almodat Natbais Universitas Nusa Cendana Kupang
  • M. K. P Abdi Keraf Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Shela Christine Pello Universitas Nusa Cendana Kupang

Kata Kunci:

Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Mahasiswa

Abstrak

Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi prestasi belajar. Seseorang yang memiliki motivasi mempunyai kecenderungan untuk mencurahkan segala kemampuannya untuk mendapatkan prestasi belajar yang optimal sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Semakin tinggi motivasi yang dimiliki mahasiswa akan mendorong mahasiswa belajar lebih giat lagi dan frekuensi belajarnya menjadi semakin meningkat, sehingga prestasi belajarnya pun meningkat. Akan tetapi kuat dan lemahnya motivasi setiap orang berbeda, hal itu dipengaruhi oleh faktor cita-cita atau aspirasi, kemampuan belajar, kondisi siswa, kondisi lingkungan mahasiswa, unsur-unsur dinamis dalam belajar dan upaya dosen dalam memberikan pembelajaran bagi mahasiswa. Namun, kebenaran argument ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 365 partisipan yang merupakan mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) di Universitas Nusa Cendana Kupang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) di Universitas Nusa Cendana Kupang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar dan memiliki arah hubungan yang positif yang digambarkan dengan hasil analisis uji regresi linear sederhana dan uji parsial (uji t) sebesar 0,00 <0,05. Artinya jika motivasi belajar tinggi maka prestasi belajar akan meningkat, dan sebaliknya jika motivasi belajar rendah maka prestasi belajar akan menurun.

 

Motivation is one of the important factors that affect learning achievemant. A person who has motivation tends to devote all his abilities to get optimal learning achievement according to the expected goals. The higher the motivation of students, the more it will encourage students to study harder and the frequency of learning will increase, so that their learning achievement will also increase. However, the strength and weaknes of each pearson’s motivation are different, it is influenced by factors of ideals or aspirations, learning ability, student conditions, student environmental conditions, dynamic elements in learning and teacher efforts in teaching students. However, the truth of this argument needs to be proven through research activities in order to obtain accurate answers. The purpose of this study is to determine the extent to which learning motivation affects learning achievement. The research method is quantitative research. The sample in this study consisted of 365 participants who were students receiving the Indonesia Smart College Card (KIP-K) scholarship at Nusa Cendana University, Kupang. This research demonstrates that there is an influence of learning motivation on the academic achievement of students receiving the Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) scholarship at Nusa Cendana University in Kupang. The conclusion of this study is that learning motivation has a significant effect on learning achievement and has a positive relationship direction as described by the results of the simple linear regression test analysis and partial test (t-test) of 0,00 < 0,05. This means that if learning motivation is high, learning achievement will increase, and vice versa if learning motivation is low, learning achievement will decrease.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30