META-ANALISIS PENGARUH BULLYING TERHADAP REGULASI EMOSI DAN KEMAMPUAN EMPATI PADA ANAK DAN REMAJA
Kata Kunci:
Bullying, Regulasi Emosi, Empati, Meta-AnalisisAbstrak
Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh bullying terhadap regulasi emosi dan kemampuan empati pada anak dan remaja melalui metode meta-analisis. Dengan mengintegrasikan data dari 30 jurnal yang relevan, penelitian ini menganalisis secara kualitatif-deskriptif dampak bullying terhadap kedua aspek psikologis tersebut. Meta-analisis dipilih karena keandalannya dalam menghasilkan data kuantitatif dari berbagai studi yang serupa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying memiliki dampak yang signifikan terhadap regulasi emosi dan kemampuan empati pada anak dan remaja, dengan tingkat pengaruh berkisar antara 2,9% hingga 88%. Kesimpulan ini memperkuat pentingnya pengembangan strategi intervensi untuk mencegah dampak buruk bullying. Penelitian di masa depan diharapkan dapat memperluas cakupan variabel yang diteliti dan menggunakan literatur yang lebih beragam untuk meningkatkan kedalaman analisis.
This study explores the influence of bullying on emotion regulation and empathy skills in children and adolescents through a meta-analysis method. By integrating data from 30 relevant journals, this study qualitatively-descriptively analyzes the impact of bullying on both psychological aspects. Meta-analysis was chosen because of its reliability in producing quantitative data from various similar studies. The results showed that bullying has a significant impact on emotion regulation and empathy skills in children and adolescents, with an influence level ranging from 2.9% to 88%. This conclusion strengthens the importance of developing intervention strategies to prevent the negative impacts of bullying. Future research is expected to expand the scope of the variables studied and use more diverse literature to increase the depth of analysis.