https://ojs.co.id/1/index.php/pai/issue/feed Perspektif Agama dan Identitas 2025-08-30T17:47:57+00:00 Open Journal Systems https://ojs.co.id/1/index.php/pai/article/view/3646 PENGARUH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SMP IT HARAPAN BANGSA KELAS IX DESA TANJUNG BARU KECAMATAN TANJUNG MORAWA 2025-08-29T02:16:41+00:00 Suci Ramadana [email protected] <p>Tujua.n penbelitia.n ini a.da.la.h Untuk mengeta.hui Penga.ruh Guru Pendidika.n A.ga.ma. Isla.m terha.da.p pembentuka.n ka.ra.kter siswa. SMP IT Ha.ra.pa.n Ba.ngsa.&nbsp; Kela.s IX Desa. Ta.njung Ba.ru &nbsp;da.n untuk mengeta.hui sebera.pa. besa.r penga.ruh Pendidika.n A.ga.ma. Isla.m terha.da.p ka.ra.kterpeserta. didikdi SMP IT Ha.ra.pa.n&nbsp; Ba.ngsa. Kela.s IX Desa. Ta.njung Ba.ru.</p> <p>Metode penelitia.n ini a.da.la.h metode kua.ntita.tif denga.n sa.mpel 65 ora.ng teknik pengumpula.n da.ta. a.ngkeet da.n a.na.lisis da.ta. sta.tistic SPSS.</p> <p>Ha.sil penelitia.n ini a.da.la.h. Terda.pa.t penga.ruh guru PA.I menunjukka.n t hitung 5.180 lebih besa.r da.ri t ta.bel 1.669 (5.180 &gt; 1.669) denga.n kea.ra.h positif. Ma.ka. H<sub>0</sub> di tola.k da.n H<sub>a.</sub> di diterima. sehingga. da.pa.t disimpulka.n ba.hwa. Va.ria.bel guru PA.I seca.ra. pa.rsia.l berpenga.ruh signifika.n denga.n nila.i positif terha.da.p ka.ra.kter siswa.. Besa.ra.n penga.ruh ya.ng ditimbulka.n berda.sa.rka.n Nila.il a.djusted &nbsp;sebesa.rl lsebesa.r 54.7% Denga.nl ka.ta. la.inl ka.ra.kter siswa. ma.mpul dijela.ska.n olehl va.ria.bel X a.ta.u guru PA.I, da.nl sisa.nya. % dijela.ska.nl oleh fa.ktorl la.in ya.ngl tida.k diikutka.nl da.la.ml penelitia.n lini.</p> <p><em>The a.im of this resea.rch is to determine the influence of Isla.mic Religious Educa.tion Tea.chers on the cha.ra.cter forma.tion of students a.t SMP IT Ha.ra.pa.n Ba.ngsa. Cla.ss IX, Ta.njung Ba.ru Villa.ge a.nd to find out how much influence Isla.mic Religious Educa.tion ha.s on the cha.ra.cter of students a.t SMP IT Ha.ra.pa.n Ba.ngsa. Cla.ss IX, Ta.njung Ba.ru Villa.ge. This resea.rch method is a. qua.ntita.tive method with a. sa.mple of 65 people using questionna.ire da.ta. collection techniques a.nd SPSS sta.tistica.l da.ta. a.na.lysis. The results of this resea.rch a.re. There is a.n influence of PA.I tea.chers showing tha.t the t count of 5,180 is grea.ter tha.n the t ta.ble of 1,669 (5,180 &gt; 1,669) in a. positive direction. So H0 is rejected a.nd Ha. is a.ccepted so tha.t it ca.n be concluded tha.t the PA.I tea.cher va.ria.ble pa.rtia.lly ha.s a. significa.nt positive effect on student cha.ra.cter. The ma.gnitude of the influence ca.used ba.sed on the a.djusted R^2 va.lue is 54.7%. In other words, the student's cha.ra.cter ca.n be expla.ined by va.ria.ble</em></p> <p>&nbsp;</p> 2025-09-03T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Perspektif Agama dan Identitas https://ojs.co.id/1/index.php/pai/article/view/3650 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN SISWA TENTANG ASMAUL HUSNA: AL-’ALIM, AL- KHABIR, AL-SAMI’ DAN AL-BASIR 2025-08-29T09:38:01+00:00 Aneng Antikasari [email protected] Nurfitria [email protected] Dayat [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman siswa mengenai Asmaul Husna, khususnya pada sifat-sifat Allah: Al-’Alim, Al-Khabir, As-Sami’, dan Al-Bashir. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pendekatan pembelajaran yang mengaitkan materi ajar dengan konteks kehidupan nyata, guna meningkatkan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai agama dalam diri siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental dengan one group Pretest-Posttest design yaitu pada satu kelompok eksperimen. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa kelas VII SMPN 1 Sagalaherang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis sebagai data primer, disertai dengan observasi, dokumentasi dan studi pustaka sebagai pelengkapnya. Uji prasyarat statistik menunjukkan bahwa data tidak seluruhnya berdistribusi normal, sehingga analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank Test dan uji efektivitas N-Gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa terhadap Asmaul Husna. Hasil uji Wilcoxon Signed-Rank Test menunjukkan nilai |Z hitung| &gt; Z tabel (1,96) pada seluruh aspek: Al-’Alim (Z = 4,13), Al-Khabir (Z = 4,37), Al-Khabir (Z = 3,16), dan Al-Bashir (Z = 4,24), yang berarti H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Sementara hasil analisis N-Gain menunjukkan peningkatan pemahaman berada pada kategori rendah, sedang, dan tinggi secara bervariasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual efektif diterapkan dalam penguatan nilai-nilai Asmaul Husna secara holistik.</p> 2025-08-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Perspektif Agama dan Identitas https://ojs.co.id/1/index.php/pai/article/view/3622 ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI HAFIZH CENDEKIA, GAMPONG LAMSIDAYA KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR 2025-08-16T08:38:05+00:00 Dinda Faradilla [email protected] M. Yusuf [email protected] <p>Penelitian ini menganalisis pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur'an di MI Hafizh Cendekia, Aceh Besar, yang menjadi program unggulan sejak berdirinya madrasah pada tahun 2016. Program ini bertujuan mencetak generasi penghafal Al-Qur'an yang cerdas dan berakhlak mulia, dengan target minimal satu juz per tahun bagi setiap santri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahfidz dilaksanakan secara sistematis, menggunakan metode talaqqi (pembacaan langsung oleh guru) dan muraja'ah (pengulangan hafalan). Kegiatan ini diintegrasikan dalam jadwal harian, dimulai pagi dan sore hari, dengan evaluasi harian dan mingguan untuk memantau kemajuan santri. Faktor pendukung keberhasilan program meliputi dukungan orang tua, motivasi santri, dan fasilitas seperti Al-Qur'an bertanda tajwid serta mikrofon untuk pembelajaran. Namun, tantangan utama adalah variasi kemampuan menghafal santri dan kurangnya konsistensi dalam pengulangan hafalan di rumah. Meskipun demikian, program ini berhasil meningkatkan hafalan santri, dengan beberapa bahkan mencapai 10 juz. Madrasah memberikan penghargaan seperti wisuda tahfidz dan reward mingguan sebagai motivasi. Kesimpulannya, program Tahfidz Al-Qur'an di MI Hafizh Cendekia berjalan efektif berkat perencanaan terstruktur, metode pembelajaran yang tepat, dan kolaborasi antara guru, santri, serta orang tua.</p> <p><em>In this study, researchers analyzed the implementation of the Quran memorization program at MI Hafizh Cendekia in Aceh Besar, a flagship program since its establishment in 2016. This program aims to produce a generation of intelligent and virtuous Quran memorizers, with a target of memorizing at least one juz (chapters) per year for each student. The research method used was descriptive qualitative, with data collection techniques through interviews, observation, and documentation. The results showed that the Quran memorization program was implemented systematically, using the talaqqi (direct recitation by the teacher) and muraja'ah (memorization repetition) methods. These activities were integrated into the daily schedule, starting in the morning and evening, with daily and weekly evaluations to monitor student progress. Factors contributing to the program's success included parental support, student motivation, and facilities such as tajweed-marked Qurans and microphones for learning. However, major challenges were the varying memorization abilities of students and the lack of consistency in memorization repetition at home. Despite this, the program successfully increased student memorization, with some even reaching 10 juz (chapters). The school offers awards such as memorization graduations and weekly rewards as motivation. In conclusion, the Quran memorization program at MI Hafizh Cendekia is effective thanks to structured planning, appropriate learning methods, and collaboration between teachers, students, and parents.</em></p> <p>&nbsp;</p> 2025-08-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Perspektif Agama dan Identitas