IMPLEMENTASI SHLAT DHUHA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP ISLAM ISTIQAMAH BALIKPAPAN
Kata Kunci:
Kebiasaan Shalat Dhuha, Pembelajaran KeagamaanAbstrak
Pendidikan di sekolah tidak hanya berorientasi pada penguasaan di bidang akademik namun harus diimbangi dengan pembentukan karakter yang baik. Jika terdapat keseimbangan antara penguasaan akademik dan pembentukan karakter, pendidikan dapat menjadi dasar untuk merubah anak menjadi lebih berkualitas dari segi keimanan, akhlak, dan ilmu pengetahuan, terutama pada pendidikan agama Islam. Untuk itu perlu adanya penelitian yang membuktikan bahwa pendidikan agama Islam sangat berperan penting dalam membentuk karakter anak bangsa. Di antara cara pembentukan karakter dengan melakukan pembiasaan dalam hal-hal baik, seperti kegiatan yang dilakukan oleh SMP Islam Istiqamah Balikpapan yaitu pembiasaan shalat dhuha sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang merupakan prosedur penelitian jenis kualitatif dan penelitian yang mengeskplorasi kehidupan nyata. Kemudian memilih metode pembiasaan yang sesuai dengan teori perubahan perilaku classical conditioning atau pengkondisian klasik yang diusung oleh tokoh filsafat yang beraliran behaviorisme yaitu Ivan Pavlov. Setelah itu menganalisis hasil dari wawancara dan pengamatan dari kebiasaan yang dilakukan setiap hari secara terus menerus yang berdampak baik bagi peserta didik SMP Islam Istiqamah Balikpapan khususnya pada kebiasaan shalat dhuha. Guru pendidikan agama Islam memberikan pembelajaran ubudiyah sunnah tentang tata cara dan keutamaan shalat dhuha kepada peserta didik. Pelaksanaan kebiasaan shalat dhuha ini dilaksanakan setiap pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai pada hari senin hingga jum'at di aula SMP Islam Istiqamah Balikpapan. Kegiatan ini adalah program wajib yang diikuti semua peserta didik kelas 7, 8, dan 9 yang senantiasa dipantau oleh guru, hal ini dibuktikan dengan mengisi buku mutabaah harian yang dimiliki pada setiap peserta didik. Peserta didik dituntut untuk lebih mandiri dan disiplin dalam pelaksanaan shalat dhuha dipagi hari, agar menjadi kebiasaan yang melekat hingga dewasa. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan religius seperti ketaatan dan ketaqwaan kepada Allah, serta menyeimbangkan kemajuan teknologi dengan moralitas akhlak peserta didik.
Education at school is not only oriented towards mastery in the academic field but must be balanced with the formation of good character. If there is a balance between academic mastery and character formation, education can be the basis for changing children to be more qualified in terms of faith, morals and knowledge, especially in Islamic religious education. For this reason, research is needed that proves that Islamic religious education plays a very important role in shaping the character of the nation's children. One of the ways to build character is by getting used to good things, such as the activities carried out by Istiqamah Balikpapan Islamic Middle School, Balikpapan, namely getting into the habit of praying Dhuha before teaching and learning activities begin. This research uses a case study method which is a qualitative research procedure and research that explores real life. Then choose a habituation method that is in accordance with the classical conditioning theory of behavior change or classical conditioning promoted by the behaviorist philosophical figure, namely Ivan Pavlov. After that, analyze the results of interviews and observations of habits carried out every day in a row which have a good impact on Istiqamah Islamic Middle School students, especially on the habit of dhuha prayer. Islamic religious education teachers provide ubudiyah sunnah learning about the procedures and priorities of the Dhuha prayer to students. The custom of Duha prayer is carried out every morning before teaching and learning activities begin on Monday to Friday in the hall of Istiqamah Islamic Middle School, Balikpapan. This activity is a mandatory program that is followed by all students in grades 7, 8 and 9 which is always monitored by the teacher, this is proven by filling in the daily mutabaah book that each student has. Students are required to be more independent and disciplined in carrying out the Dhuha prayer in the morning, so that it becomes a habit that sticks to adulthood. This activity also aims to foster religious beliefs such as obedience and devotion to Allah, as well as balancing technological advances with students' morals.