PEMAHAMAN MAKNA DAN RELAVANSI AYAT-AYAT PENDIDIKAN DALAM PRESPEKTIF TAFSIR TARBAWI

Penulis

  • Nurtiyas Maharani Agustina Universitas Islam "45" Bekasi
  • Ahmad Iqbal Subkhi Universitas Islam "45" Bekasi
  • Akmal Rizki Gunawan Hasibuan

Kata Kunci:

Tafsir Tarbawi, Ayat-Ayat Pendidikan, Pemahaman Makna

Abstrak

Kajian ini berfokus pada pemahaman makna ayat-ayat pendidikan dan relevansinya dari sudut pandang tafsir tarbawi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa dalam interpretasi dan nilai ayat-ayat pendidikan Al-Qur'an ketika dilihat melalui lensa tafsir tarbawi. Metode penelitian ini melibatkan analisis teks Al-Qur'an menggunakan pendekatan tafsir tarbawi, serta tinjauan literatur untuk mendapatkan pemahaman tentang konteks historis dan perspektif tokoh-tokoh tafsir tarbawi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tafsir tarbawi tidak hanya memberikan pemahaman teks secara literal, tetapi juga mengaitkannya dengan dunia pendidikan saat ini. Pemahaman yang lebih baik tentang tujuan pendidikan Islam yang menyeluruh dapat dicapai melalui pemahaman yang lebih luas tentang prinsip-prinsip yang diajarkan dalam pendidikan Islam melalui tafsir tarbawi. Upaya untuk memasukkan ajaran Islam ke dalam kurikulum pendidikan kontemporer menunjukkan relevansi ayat-ayat pendidikan dalam tafsir tarbawi. Tafsir tarbawi dapat membentuk karakter siswa dan memperkaya pembelajaran dengan nilai-nilai moral dan etika. Dengan memasukkan konsep-konsep tafsir tarbawi ke dalam strategi pembelajaran, pendidikan dapat menjadi cara untuk membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki moralitas yang kuat yang sesuai dengan ajaran Islam.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01