FIGUR PESERTA DIDIK IDEAL DALAM KONTEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: NILAI, ETIKA, DAN KARAKTER ISLAMI

Penulis

  • Irma Nur Alfiyah Universitas Islam 45 Bekasi
  • Michael Charen Universitas Islam 45 Bekasi
  • Syafa Raditya Universitas Islam 45 Bekasi
  • Akmal Rizki Gunawan Hsb Universitas Islam 45 Bekasi

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam, Figur Peserta Didik Ideal, Pembentukan Karakter

Abstrak

Pendidikan agama Islam memegang peranan sentral dalam membentuk karakter dan moral peserta didik. Penelitian ini menjelajahi konsep figur peserta didik ideal dengan fokus pada nilai, etika, dan karakter Islami dalam konteks pendidikan agama Islam. Pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai Islam, prinsip etika, dan pembentukan karakter Islami menjadi pusat perhatian untuk menciptakan peserta didik yang tidak hanya cerdas akademis, tetapi juga bermoral tinggi.Melalui kajian literatur dan analisis konseptual, artikel ini membahas keterkaitan erat antara nilai-nilai Islam, etika, dan karakter dalam membentuk figur peserta didik yang ideal. Nilai-nilai seperti taqwa, ihsan, adil, dan rahmah menjadi dasar untuk mengarahkan peserta didik ke jalur moral yang benar. Etika Islam menjadi landasan untuk membentuk tanggung jawab sosial dan hubungan antar individu. Sementara itu, pembentukan karakter Islami menekankan pada pengembangan kepribadian yang kuat, mencakup aspek-aspek seperti sabar, tawakal, dan amanah.Tantangan dalam penerapan nilai, etika, dan karakter Islami juga dibahas, termasuk pengaruh lingkungan dan dinamika sosial. Dalam konteks ini, artikel ini menawarkan saran-saran untuk meningkatkan sistem pendidikan, memperbarui kurikulum, dan melibatkan pemangku kepentingan secara aktif.Kesimpulan artikel ini menegaskan bahwa integrasi nilai-nilai Islam, etika, dan karakter Islami menjadi kunci sukses dalam membentuk peserta didik yang ideal dalam pendidikan agama Islam. Diharapkan, pemahaman mendalam terhadap konsep ini akan memberikan pandangan yang lebih jelas dan solutif terhadap tantangan pembentukan karakter peserta didik dalam konteks pendidikan agama Islam.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01