PENGGUNAAN PROJECTOR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII DI MTS DARUL HUDA OKU SELATAN

Penulis

  • Bahrul Ulum STIT Darul Huda Muaradua

Kata Kunci:

Proyektor, Pelajaran Fiqih, Pendidikan

Abstrak

Pada awal mulanya proses belajar mengajar hanya bersifat konvensional, artinya belum menggunakan teknik media yang modern yaitu hanya menggunakan alat Bantu visual (media visual), misalnya papan tulis, gambar dan lain-lain yang mana alat bantu tersebut masih bersifat klasik. Padahal standarisasi tujuan penggunaan media adalah untuk meragakan, mengkonkritkan dan mewujudkan pesan atau informasi yang abstrak melalui pengamatan.1 Namun dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) maka lembaga pendidikan khususnya para guru tidak hanya menggunakan media konvensional, akan tetapi dikembangkan lagi kedalam media yang lebih modern. Hal ini disebabkan adanya pola pikir. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Kemudian untuk penggunaan metode penelitian digunakan metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental dengan menggunakan Nonequivalent Control Grup Design. Teknik pengumpulan data, peneliti melakukan dengan beberapa cara, yaitu teknik observasi, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Sedangkan untuk uji keabsahan data dilakukan Rumus yang bisa digunakan untuk uji validitas konstruk dengan teknik korelasi product moment, Kemudian uji relibilitas data menggunakan rumus Alpha, Dari data hasil uji validitas diatas dapat kita ketahui bahwasannya dari 14 butir instrument terdapat beberapa instrument yang tidak valid dengan nomor butir instrumen (3,4,5,9) yang mana intsrumen yang tidak valid ini tidak bisa digunakan dalam pengambilan data pada penelitian selanjutnya, jadi hasil dari uji validitas ini diketahui intrumen yang valid berjumlah 20 butir instrument yang nantinya akan digunaka dalam pengambilan data selanjutnya. Hasil dari uji reliabilitas memiliki nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0, 0,755 lebih besar dari 0,06 (0,755>0,06), hasil ini berarti bahwasannya instrument yang akan digunakan dalam pengambilan data pada penelitian ini reliable (dapat diandalkan) dan memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai alat ukur dalam penelitian ini. Data yang digunakan untuk melakukan uji normalitas ini adalah data yang diperoleh dari rerata hasil pretest dan posttest kelas kontrol dan eksperimen. Hasil dari uji normalitas dengan menggunakan Microsoft Excel dan tes dua sampel uji Kolmogorov-Smirnov dan uji Shapiro Wilk dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (p=0.05), hasil terlampir dan diperoleh:

Hipotesis:

H0 = data sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal

HI = data sampel berasal dari populasi yang tidak berdistribusi normal Kriteria Uji: Hipotesis nol ditolak apabila asymptotic significant value uji Kolmogorov- Smirnov dan Shapiro Wilk lebih kecil dari < 0,05. Terdapat perbedaan yang sangat signifikan (p<0,01) terhadap pembelajaran yang menggunakan proyektor dalam meningkatkan hsil belajar fiqih siswa kelas VIII di MTs Darul Huda OKU Selatan. Kelompok eksperimen (menggunakan proyektor) memiliki nilai rerata yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang menggunakan metode demonstrasi. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji- t (t-test) untuk data posttest diperoleh nilai thitung > ttabel (4,5124> 2,262), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang sangat signifikan dari hasil data tersebut, dimana nilai rata-rata (mean) pada kelas ekperimen sebesar 87.00 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 80.00 yang mana dapat disimpulkan bahwa nilai kelas eksperimen lebih unggul dari kelas kontrol.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01