PENERAPAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP UNGGULAN PP AL-FURQON DRIYOREJO GRESIK

Penulis

  • M Faizal Jaelani Suci Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Mufaizah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Laila Badriyah Universitas Sunan Giri Surabaya

Kata Kunci:

Merdeka Belajar, Pembelajaran PAI, Kemandirian Belajar

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang penerapan program merdeka belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kemandirian belajar peserta didik di SMP Unggulan PP Al-Furqon Driyorejo Gresik. Dari rumusan masalah penelitian: bagaimana program Merdeka Belajar ini di terapkan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, apa faktor pendukung dan penghambat penerapan program Merdeka Belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kemandirian belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuatitatif yang sering disebut model penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan dalam kondisi alamiah, kemudian pendekatan yang dilakukan dengan memakai pendekatan pedagogik, lalu data tersebut dikumpul dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun instrumen sebagai suatu alat yang digunakan untuk mengukur fenomena dalam penelitian dimana instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Kemudian menyusun pedoman wawancara yang berisi pertayaan, serta pedoman observasi dan beberapa dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Unggulan PP Al-Furqon Driyorejo Gresik telah menerapkan pembelajaran dan penilaian berdefensiasi sebagai perwujudan  penerapan program merdeka belajar dan implementasi dari penerapan program merdeka belajar itu mampu membentuk kemandirian belajar  peserta didik, menjadikan pembelajaran pendidikan Agama Islam lebih menyenangkan, berkwalitas dan bermakna, karena dengan penerapan merdeka belajar peserta didik memiliki kemampuan lebih percaya diri, tanggung jawab , inisiatif dan memiliki kedisiplinan yang baik. Kesimpulan dari penelitian ini pada penerapan program merdeka belajar pada pembelajaran pai dengan pembelajaran berdiferensiasi yang di mulai dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, lalu Tujuan pembelajaran didefenisikan dengan jelas, Pembelajaran berpihak pada peserta didik, kemudian kelas yang efektif dan penilaian berkelanjutan, sedangkan dalam pembentukan kemandirian belajar pada pembelajaran pendidikan agama islam dapat di lihat dari peserta didik yang memiliki sikap percaya diri, tanggung jawab,inisiatif, kedisiplinan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01