IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOPERATIF DENGAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Penulis

  • Muhammad Aufa Muis STAIN Bengkalis
  • Rizki Romadhan STAIN Bengkalis

Kata Kunci:

Manajamen, Supervisi Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Problem-Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep agama, penguasaan nilai-nilai moral, dan keterlibatan aktif siswa dalam menerapkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan PBL digunakan sebagai kerangka utama dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran. Model ini menekankan pada pembelajaran melalui pemecahan masalah kontekstual, di mana siswa dihadapkan pada situasi dunia nyata yang memerlukan pemikiran kritis, kreatif, dan solutif. Penelitian ini melibatkan peserta didik dan guru PAI dalam lingkungan pembelajaran yang kolaboratif. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dalam mengolah data dan informasi yang dibutuhkan. Adapun Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan model PBL pada mata pelajaran PAI memberikan dampak positif terhadap pemahaman konsep, keterlibatan siswa, dan penerapan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan dari penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang potensi model pembelajaran tersebut dalam konteks pendidikan agama Islam serta memberikan arahan untuk pengembangan lebih lanjut dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-18