MANAJEMEN SUPERVISI PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Penulis

  • Aniesya Octia UIN Raden Intan Lampung
  • Siti Patimah UIN Raden Intan Lampung

Kata Kunci:

Manajemen, Supervisi Pendidikan

Abstrak

 

Abstrak: Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, perlu dilakukan salah satunya dengan melakukan supervisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali, menganalisis dan mendeskripsikan konsep supervisi yang terdapat di dalam al-Qur’an. Penelitian ini merupakan metode studi kepustakaan. Adapun data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah berasal dari ayat-ayat al-Qur‟an. yang relevan dengan ruang lingkup supervisi pendidikan. Dan adapun data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, artikel atau sumber lainnya. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Dengan mendeskripsikan setiap data kualitatif yang ditemukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerapkan supervisi pendidikan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran karena guru menjadi lebih baik dalam melakukan tugas dan fungsi mereka, kepala sekolah bertindak sebagai supervisor dan melakukan supervisi pendidikan secara berjenjang, sistematis, dan berkelanjutan. Supervisi pendidikan adalah cara untuk mencapai tujuan dari sebuah lembaga pendidikan melihat bagaimana menerapkan supervisi pendidikan dapat membantu meningkatkan kualitas guru sehingga prestasi belajar siswa juga akan meningkat dengan pelaksanaan pengawasan yang tetap dan manajemen yang baik berdasarkan langkah ada.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-18