ANALISIS EFEKTIVITAS METODE THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PAI

Penulis

  • Supardi Ritonga STAIN Bengkalis
  • Hesti Agusti Saputri STAIN Bengkalis
  • Tengku Monita Dawani STAIN Bengkalis
  • Wan Juli Isnaini STAIN Bengkalis
  • M. Firman Ardinata STAIN Bengkalis

Kata Kunci:

Think Talk Write, Pembelajaran PAI, Berpikir, Berbicara, Menulis

Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terdiri dari bagian penting dalam kurikulum pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karakter dan nilai spiritual siswa. Dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI metode Think Talk Write (TTW) sudah diusulkan sebagai alternatif yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode TTW pada pembelajaran PAI. Metode kajian yang dipergunakan ialah memakai literature review. Dalam penelitian ini ditemukan ada tiga tahapan inti pada metode TTW. Pertama, berpikir (think) yaitu memungkinkan siswa buat tahu konsep-konsep kepercayaan Islam secara lebih mendalam melalui refleksi dan analisis. Kedua, berdiskusi (talk) yaitu melibatkan siswa dalam hubungan sosial yang aktif serta memperluas pemahaman siswa melalui pertukaran inspirasi dan pendapat. Ketiga, menulis (write) yaitu memungkinkan siswa buat mengorganisir dan memberikan pemikiran nya menggunakan lebih terstruktur dan jelas. Dengan mengeksplorasi penerapan metode TTW dalam pembelajaran PAI akan mempertinggi efektivitas dalam pembelajaran. Penelitian ini bisa menjadi sumbangan penting bagi pengembangan metode TTW dalam pembelajaran PAI yang inovatif dan efektif.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-18