Tinjauan Epistemologis: Kemampuan Metakognitif Belajar Siswa dalam Upaya Meningkatkan Daya Berfikir Kritis
Abstrak
Kemampuan metakognitif diperlukan bagi tiap manusia sebagai insan yang dianugerahi akal yang mampu memaksimalkan kemampuan berpikirnya secara holistik. Namun, seiring dengan kemajuan peradaban, muncul problematika yang bersinggungan dengan kemajuan teknologi salah satunya hadirnya Artificial Intelligence (AI) yang mempunyai sisi negatif membuat manusia terlena dengan kenyamanan dan kebutuhan yang serba praktis dan pragmatis sehingga kehilangan ruh berpikir mendalam atau berpikir kritis. Dengan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis konsep kemampuan metakognitif pembelajaran siswa dalam upaya meningkatkan daya berpikir kritis secara epistemologis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode library research (studi kepustakaan). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa setiap siswa perlu diarahkan untuk menggunakan kemampuan metakognitifnya sehingga mampu berpikir secara kritis, memiliki minat motivasi belajar yang tinggi, memiliki kemampuan sosial yang baik serta tidak mudah terpengaruh oleh perubahan zaman