IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI PESANTREN DARUL HUDA DESA SRIMENANTI KECAMATAN BUAY PEMACA KABUPATEN OKU SELATAN TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstrak
Setiap mukmin yang mempercayai al-Qur’an, mempunyai kewajiban dan tanggung jawab terhadap kitab sucinya. Diantara kewajiban dan tanggung jawab itu ialah mempelajari cara membaca al-Qur’an. Dalam proses belajar mengajar diperlukan metode pengajaran yang berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan materi pelajaran oleh guru kepada siswa. Karena penyampaian materi berlangsung dalam interaksi edukatif. Penerapan metode pembelajaran menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Penelitian yang membahas tentang metode Yanbu’a memanglah sangat banyak tapi belum pernah ada yang meneliti tentang bagaimana implementasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Huda Desa Srimenanti Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi metode yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Huda Desa Srimenati Kecamatan Buay Pemaca Tahun Ajaran 2021/2022?, 2) bagaimana hasil implementasi metode yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Huda Desa Srimenati Kecamatan Buay Pemaca Tahun Ajaran 2021/2022?. Sehingga tujuan utama dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui implementasi metode yanbu’a, 2) untuk mengetahui hasil implementasi metode yanbu’a. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa : 1) Implementasi metode yanbu’a di Pondok Pesantren Darul Huda meliputi sejarah pelaksanaan metode yanbu’a, visi, misi dan tujuan metode yanbu’a, sistem pengajaran metode yanbu’a, tahapan dan langkah-langkah penerapan metode yanbu’a, Langkah- Langkah Mengajar Yanbu’a, Kelebihan dan Kekurangan Metode Yanbu’a dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca al-Qur’an Santri serta indikator Kemampuan Membaca Al- Qur’an Santri Pondok Pesantren Darul Huda. 2) Hasil pelaksanaan metode yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Huda Santri yang berjumlah 30 sebelum memakai metode yanbu’a kemampuan membacanya masih kurang, dari segi fasih, segi tajwid, makhorizul huruf dan kelancaran. Setelah menggunakan metode yanbu’a yang dilaksanakan selama 6 bulan, kemampuan membaca al-Qur’annya santri tersebut meningkat sesuai dengan indikator kemampuan membaca al-Qur’an.