IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MARKETING SEKOLAH DI SD AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG
Kata Kunci:
Pelayanan Prima, Marketing, SD Al KautsarAbstrak
Penelitian ini menyoroti pentingnya pelayanan prima dalam dunia pendidikan sebagai strategi peningkatan marketing sekolah. Khususnya di SD Al Kautsar Bandar Lampung, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggali bagaimana implementasi pelayanan prima dapat meningkatkan pemasaran sekolah dan menarik minat masyarakat. Melalui strategi pelayanan prima meliputi pelatihan khusus kepada staf sekolah, komunikasi yang ramah dan menciptakan nuansa kekeluargaan, ditambah dengan penyediaan fasilitas yang memadai, SD Al Kautsar telah menunjukkan peningkatan signifikan dalam penerimaan siswa baru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan prima memberikan dampak positif terhadap kesan sekolah, kualitas layanan pendidikan, dan kepercayaan masyarakat, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan mutu dan citra sekolah tersebut. Penelitian ini juga merekomendasikan pentingnya evaluasi berkelanjutan melalui angket kepuasan untuk wali murid dan siswa guna perbaikan dan peningkatan layanan sekolah ke depan.