METODE PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN PAI

Penulis

  • Supardi Ritonga STAIN Bengkalis
  • Malliyani STAIN Bengkalis
  • Tanti Elmiah STAIN Bengkalis
  • Fitri Oktofia STAIN Bengkalis
  • Maulidiansyah STAIN Bengkalis

Kata Kunci:

NHT, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif

Abstrak

Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Islam Unggulan Miftaahul ‘Uluum Bandar Sribhawono terlihat dari 20 siswa yang mengikuti pembelajaran hanya 4 siswa atau 20% siswa yang tuntas belajarnya. Rendahnya hasil belajar ini disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Penelitian ini adalah PTK yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Temuan dalam penelitian ini ialah model pembelajaran koopertaif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 70,95 pada siklus I dan 79,90 pada siklus II, dengan presentase peningkatan hasil belajar yaitu 60% pada siklus I dan 90% pada siklus II.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30