METODE CERAMAH, DISKUSI, SIMULASI, DAN DEMONTRASI

Penulis

  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Fajri Ismail Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Elin Monika Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Gibran Muhamad Avechena Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Risna Lika Amelia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Artia Kasuni Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, Ceramah, Diskusi, Demonstrasi, Simulasi, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Makalah ini membahas berbagai metode pembelajaran yang sering digunakan dalam proses pendidikan, khususnya dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Tujuan utama penulisan ini adalah untuk memahami konsep, kelebihan, dan kekurangan dari empat metode pembelajaran utama, yaitu metode ceramah, diskusi, demonstrasi, dan simulasi. Keempat metode tersebut memiliki peran penting dalam menciptakan pembelajaran yang efektif, aktif, dan bermakna. Metode ceramah menekankan pada penyampaian informasi secara sistematis, metode diskusi mendorong siswa berpikir kritis dan berpartisipasi aktif, metode demonstrasi menghadirkan pengalaman belajar konkret melalui pengamatan langsung, sedangkan metode simulasi memberikan pengalaman belajar yang menyerupai kondisi nyata untuk melatih keterampilan dan pengambilan keputusan. Dengan memahami karakteristik masing-masing metode, guru dapat mengombinasikan penggunaannya agar saling melengkapi dan menutupi kekurangan satu sama lain. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemilihan metode yang tepat dan kontekstual mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, serta hasil belajar siswa secara optimal.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30