HUBUNGAN ANTARA FILSAFAT, ILMU, DAN AGAMA DI MTS AT-TARBIYAH KM5

Penulis

  • Tiara Puspa Tsurayya Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Kautsar Eka Wardhana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Yusnia Binti Kholifah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Kata Kunci:

Filsafat, Science, Religion

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara filsafat, ilmu, dan agama dalam konteks pendidikan di MTs At-Tarbiyah KM5. Kajian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman yang holistik terhadap ketiga aspek tersebut sebagai landasan pembentukan pola pikir kritis, ilmiah, dan religius di kalangan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di MTs At-Tarbiyah KM5, filsafat berperan sebagai dasar reflektif dalam memahami kebenaran, ilmu menjadi sarana untuk memperoleh pengetahuan yang rasional dan empiris, sedangkan agama memberikan arah moral dan spiritual dalam penerapan ilmu tersebut. Sinergi antara ketiganya menciptakan keseimbangan antara rasionalitas, moralitas, dan spiritualitas dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, hubungan antara filsafat, ilmu, dan agama di lembaga ini berkontribusi signifikan terhadap pembentukan karakter dan wawasan keilmuan siswa.

This study aims to analyze the relationship between philosophy, science, and religion in the educational context at MTs At-Tarbiyah KM5. This study is motivated by the importance of a holistic understanding of these three aspects as a foundation for the formation of critical, scientific, and religious thinking patterns among students. The research method used is descriptive qualitative with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that at MTs At-Tarbiyah KM5, philosophy plays a role as a reflective basis in understanding the truth, science becomes a means to obtain rational and empirical knowledge, while religion provides moral and spiritual direction in the application of that knowledge. The synergy between the three creates a balance between rationality, morality, and spirituality in the learning process. Thus, the relationship between philosophy, science, and religion in this institution contributes significantly to the formation of character and scientific insight of students.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30