PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TOLERANSI BERAGAMA DI SMPN 1 JALANCAGAK

Penulis

  • Putri Hendriyani STAI Riyadhul Jannah Subang
  • Siti Saroh STAI Riyadhul Jannah Subang
  • Arisal Sopyan STAI Riyadhul Jannah Subang

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Quizizz, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan dari nilai rata-rata di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (67,3) serta rendahnya partisipasi dalam diskusi kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment), melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan Quizizz dan kelas kontrol tanpa perlakuan khusus. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan uji Paired Sample t-Test, Mann-Whitney U Test, N-Gain Score, serta regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat peningkatan signifikan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dari rata-rata pretest 20,89 menjadi 35,72 pada posttest (p = 0,000 < 0,05); (2) terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol, dengan mean rank 53,21 dan 19,79, serta analisis N-Gain yang menempatkan 97,22% siswa kelas eksperimen pada kategori sedang dan 2,78% kategori tinggi; (3) hasil regresi linier sederhana menunjukkan kontribusi penggunaan Quizizz sebesar 22,6% terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis (R = 0,475; p = 0,003). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Quizizz berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta dapat menjadi alternatif inovasi pembelajaran interaktif.

This research is motivated by the low critical thinking skills of students, as indicated by the average score below the Minimum Mastery Criteria (67.3) and the lack of participation in classroom discussions. The research employed a quantitative approach with a quasi-experimental design, involving two classes: the experimental class using Quizizz and the control class without special treatment. The research instrument consisted of critical thinking tests in the form of pretest and posttest. Data were analyzed using Paired Sample t-Test, Mann-Whitney U Test, N-Gain Score, and simple linear regression. The results showed that (1) there was a significant increase in the experimental class, with the average score rising from 20.89 on the pretest to 35.72 on the posttest (p = 0.000 < 0.05); (2) there was a significant difference between the experimental and control classes, with a mean rank of 53.21 and 19.79, and the N-Gain analysis indicating that 97.22% of the experimental class students were in the medium category and 2.78% in the high category; (3) the simple linear regression analysis showed that the use of Quizizz contributed 22.6% to the improvement of students’ critical thinking skills (R = 0.475; p = 0.003). Therefore, it can be concluded that Quizizz has a positive and significant effect on enhancing students’ critical thinking skills and can serve as an innovative and engaging interactive learning alternative.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-30