IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROYEK DI MTS AGUNG ALIM BLADO: ANALISIS DAMPAK PADA PRESTASI BELAJAR ALQURAN HADITS
Kata Kunci:
Masalah, Pembelajaran, Strategi, PAIAbstrak
Pendidikan memegang peran krusial dalam membentuk karakter dan nilai-nilai masyarakat. Khususnya dalam lingkungan pendidikan Islam, mata pelajaran Al-Quran Hadits memiliki peran sentral dalam membentuk pemahaman agama, moralitas, dan etika Islam di kalangan siswa. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama di MTs Agung Alim Blado, penerapan model pembelajaran berbasis proyek telah menjadi perhatian utama. Model pembelajaran berbasis proyek adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan eksplorasi aktif, penemuan mandiri, dan kerja sama. Dalam konteks mata pelajaran Al-Quran Hadits, pendekatan ini memungkinkan siswa untuk mendalami pemahaman mereka terhadap ajaran Islam melalui proyek-proyek yang relevan dengan materi tersebut., Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pendidikan dan dampaknya terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran alquran hadits .metode penelitian yang dipilih adalah penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data dengan observasi. Hasil penelitian yaitu1) peneliti kegiatan observasi, 2) peneliti melaksanakan proses pembelajaran dengan tahapan:kegiatan pendahuluan , kegiatan inti, dan kegiatan penutup pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian bahwa implementasi model pembelajaran problem pembelajaran berbasis proyek memberikan dampak yang baik terhadap prestasi belajar siswa