Dampak Metode Pembelajaran Problem Basic Learning terhadap Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Kata Kunci:
Pembelajaran, Berbasis Masalah, PAIAbstrak
Para siswa perlu terus-menerus mendapatkan lingkungan belajar yang mendukung untuk meningkatkan kemampuan adaptasi mereka terhadap dunia yang terus berkembang. Hal ini mengharuskan para pendidik untuk menciptakan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan realitas ini. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan efek yang timbul dari penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian perpustakaan, dengan pengumpulan data yang mengandalkan teknik dokumentasi. Temuan penelitian menyoroti beberapa manfaat dari mengadopsi pembelajaran berbasis masalah dalam pendidikan PAI. Pertama, hal ini mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan menyelesaikan masalah secara mandiri, baik dalam konteks individu maupun sosial. Kedua, hal ini meningkatkan motivasi belajar siswa. Ketiga, hal ini memfasilitasi transfer pengetahuan ke situasi baru. Terakhir, hal ini merangsang kreativitas siswa ketika mengatasi isu-isu yang sedang mereka teliti.