PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN MENERAPKAN BACAAN AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 JALANCAGAK

Penulis

  • Dea Amorita STAI Riyadhul Jannah Subang
  • Ahmad Hilman STAI Riyadhul Jannah Subang
  • Rd Ilham Saeful Millah STAI Riyadhul Jannah Subang

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT), Bacaan Al-Qur’an

Abstrak

Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Menerapkan Bacaan Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Jalancagak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran TGT dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk membaca dan menerapkan bacaan Al-Qur’an dengan benar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menerapkan hukum bacaan Al-Qur’an, khususnya dalam hal pengucapan huruf (makhraj), kelancaran membaca (tartil), dan penerapan tajwid yang benar, yang ditemukan pada sebagian besar siswa kelas VIII di SMPN 1 Jalancagak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kuasi-eksperimen yang melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model TGT dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berdasarkan uji Wilcoxon Signed Rank Test, pada kelas eksperimen diperoleh nilai Z hitung sebesar 5,38 lebih besar dari Z tabel ±2,03, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Sementara itu, pada kelas kontrol nilai Z hitung sebesar 1,73 lebih kecil dari Z tabel ±2,02, sehingga tidak terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Selanjutnya, hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai Zhitung sebesar 0,025 dengan taraf signifikansi α = 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah pembelajaran, di mana rata-rata nilai posttest kelas eksperimen meningkat dari 66,11 menjadi 74,86, sedangkan kelas kontrol tidak mengalami peningkatan berarti dari 65,69 menjadi 65,55. Adapun hasil uji Rank Spearman memperoleh koefisien korelasi sebesar 0,954, yang menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat kuat antara penerapan model Team Games Tournament (TGT) dengan kemampuan siswa dalam menerapkan bacaan Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30