PENGARUH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SMP IT HARAPAN BANGSA KELAS IX DESA TANJUNG BARU KECAMATAN TANJUNG MORAWA

Penulis

  • Suci Ramadana Universitas Islam Sumatera Utara

Kata Kunci:

Guru Pai Dan Karakter

Abstrak

Tujua.n penbelitia.n ini a.da.la.h Untuk mengeta.hui Penga.ruh Guru Pendidika.n A.ga.ma. Isla.m terha.da.p pembentuka.n ka.ra.kter siswa. SMP IT Ha.ra.pa.n Ba.ngsa.  Kela.s IX Desa. Ta.njung Ba.ru  da.n untuk mengeta.hui sebera.pa. besa.r penga.ruh Pendidika.n A.ga.ma. Isla.m terha.da.p ka.ra.kterpeserta. didikdi SMP IT Ha.ra.pa.n  Ba.ngsa. Kela.s IX Desa. Ta.njung Ba.ru.

Metode penelitia.n ini a.da.la.h metode kua.ntita.tif denga.n sa.mpel 65 ora.ng teknik pengumpula.n da.ta. a.ngkeet da.n a.na.lisis da.ta. sta.tistic SPSS.

Ha.sil penelitia.n ini a.da.la.h. Terda.pa.t penga.ruh guru PA.I menunjukka.n t hitung 5.180 lebih besa.r da.ri t ta.bel 1.669 (5.180 > 1.669) denga.n kea.ra.h positif. Ma.ka. H0 di tola.k da.n Ha. di diterima. sehingga. da.pa.t disimpulka.n ba.hwa. Va.ria.bel guru PA.I seca.ra. pa.rsia.l berpenga.ruh signifika.n denga.n nila.i positif terha.da.p ka.ra.kter siswa.. Besa.ra.n penga.ruh ya.ng ditimbulka.n berda.sa.rka.n Nila.il a.djusted  sebesa.rl lsebesa.r 54.7% Denga.nl ka.ta. la.inl ka.ra.kter siswa. ma.mpul dijela.ska.n olehl va.ria.bel X a.ta.u guru PA.I, da.nl sisa.nya. % dijela.ska.nl oleh fa.ktorl la.in ya.ngl tida.k diikutka.nl da.la.ml penelitia.n lini.

The a.im of this resea.rch is to determine the influence of Isla.mic Religious Educa.tion Tea.chers on the cha.ra.cter forma.tion of students a.t SMP IT Ha.ra.pa.n Ba.ngsa. Cla.ss IX, Ta.njung Ba.ru Villa.ge a.nd to find out how much influence Isla.mic Religious Educa.tion ha.s on the cha.ra.cter of students a.t SMP IT Ha.ra.pa.n Ba.ngsa. Cla.ss IX, Ta.njung Ba.ru Villa.ge. This resea.rch method is a. qua.ntita.tive method with a. sa.mple of 65 people using questionna.ire da.ta. collection techniques a.nd SPSS sta.tistica.l da.ta. a.na.lysis. The results of this resea.rch a.re. There is a.n influence of PA.I tea.chers showing tha.t the t count of 5,180 is grea.ter tha.n the t ta.ble of 1,669 (5,180 > 1,669) in a. positive direction. So H0 is rejected a.nd Ha. is a.ccepted so tha.t it ca.n be concluded tha.t the PA.I tea.cher va.ria.ble pa.rtia.lly ha.s a. significa.nt positive effect on student cha.ra.cter. The ma.gnitude of the influence ca.used ba.sed on the a.djusted R^2 va.lue is 54.7%. In other words, the student's cha.ra.cter ca.n be expla.ined by va.ria.ble

 

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-03