PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMAHAMAN ADAB SISWA DI SMK AL AQSO BALIKPAPAN

Penulis

  • Muhaimin Nizar Ramadhan Sekolah Tinggi Agama Islam Balikpapan
  • Iskandar Yusuf Sekolah Tinggi Agama Islam Balikpapan

Kata Kunci:

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Pemahaman Adab

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap pemahaman adab siswa di SMK Al Aqso Balikpapan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena degradasi moral di kalangan pelajar yang menjadi perhatian serius dalam dunia pendidikan modern. Pembelajaran PAI diharapkan mampu menjadi benteng dalam membentuk karakter dan akhlak mulia peserta didik, khususnya melalui aspek adab yang mencakup tata krama, etika, dan perilaku islami. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner sebanyak 10 item pernyataan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 siswa yang dipilih secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26 yang mencakup uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman adab siswa dengan nilai R Square sebesar 0,486 atau 48,6%. Artinya, hampir separuh pemahaman adab siswa dipengaruhi oleh efektivitas pembelajaran PAI, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti lingkungan keluarga, sosial, dan kesadaran pribadi siswa. Dengan demikian, pembelajaran PAI memegang peranan penting dalam membangun karakter dan adab siswa, namun perlu didukung oleh faktor eksternal lainnya secara sinergis.. Berdasarkan hasil uji bermakna bahwa variabel X pembelajaran PAI memiliki pengaruh terhadap peningkatan variabel Y (pemahaman adab) di SMK Al aqso Balikpapan.

This study aims to determine the effect of Islamic Religious Education (PAI) learning on students' understanding of manners at SMK Al Aqso Balikpapan. The background of this study is based on the phenomenon of moral degradation among students which is a serious concern in the world of modern education. PAI learning is expected to be a fortress in forming the character and noble morals of students, especially through aspects of manners that include Islamic manners, ethics, and behavior.  The method used is quantitative with data collection techniques through a questionnaire of 10 statement items. The sample in this study was 12 students who were randomly selected using the simple random sampling technique. Data analysis was carried out with the help of the SPSS version 26 application which includes validity, reliability, normality, and simple linear regression analysis tests.  The results of the study showed that PAI learning had a significant effect on students' understanding of manners with an R Square value of 0.486 or 48.6%. This means that almost half of students' understanding of manners is influenced by the effectiveness of PAI learning, while the rest is influenced by other factors such as the family environment, social, and personal awareness of students. Thus, Islamic Religious Education learning plays an important role in building students' character and manners, but it needs to be supported by other external factors synergistically. Based on the test results, it is significant that the variable X of Islamic Religious Education learning has an influence on increasing the variable Y (understanding of manners) at SMK Al Aqso Balikpapan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30