HUBUNGAN PERAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN DI TAHFIZ IBNU MAS’UD SAMBOJA

Penulis

  • Muh. Fauzan Syafaat Sekolah Tinggi Agama Islam Balikpapan
  • Iskandar Yusuf Sekolah Tinggi Agama Islam Balikpapan

Kata Kunci:

Peran Keluarga, Motifasi Menghafal Al-Qur’an, Penghafal Al-Qur’an

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran keluarga terhadap motivasi menghafal Al-Qur'an pada santri di Tahfiz Ibnu Mas'ud Samboja. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini mengumpulkan data dari 20 santri penghafal Al-Qur'an melalui kuesioner.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran keluarga berpengaruh signifikan terhadap motivasi menghafal Al-Qur'an, dengan nilai korelasi (R) sebesar 0,713 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,508. Dukungan dan motivasi dari keluarga dapat meningkatkan semangat dan daya juang santri dalam menghafal Al-Qur'an.Oleh karena itu, keluarga perlu terlibat aktif dalam proses pendidikan dan menghafal Al-Qur'an untuk mencapai hasil yang optimal. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pendidikan dan penghafalan Al-Qur'an di Tahfiz Ibnu Mas'ud Samboja.

This study aims to determine the influence of family role on motivation to memorize the Quran among students at Tahfiz Ibnu Mas'ud Samboja. Using a quantitative method, this study collected data from 20 Quran memorizers through questionnaires. The results showed that family role has a significant influence on motivation to memorize the Quran, with a correlation value (R) of 0.713 and a coefficient of determination (R square) of 0.508. Family support and motivation can increase students' enthusiasm and determination in memorizing the Quran. Therefore, families need to be actively involved in the education and Quran memorization process to achieve optimal results. This study is expected to contribute to the development of education and Quran memorization strategies at Tahfiz Ibnu Mas'ud Samboja.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30