INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MIM PONE KABUPATEN GORONTALO

Penulis

  • Agustin Doku Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo
  • Buhari Luneto Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo
  • Apriliyanus Rakhmadi Pratama Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo

Kata Kunci:

Integrasi Nilai, Pendidikan Islam, Penguatan Karakter, Madrasah, Pendidikan Dasar

Abstrak

Penguatan karakter peserta didik menjadi aspek esensial dalam pendidikan abad ke-21, terutama di tengah krisis moral dan sosial yang melanda generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk integrasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Pone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang diintegrasikan mencakup nilai kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, toleransi, dan religiusitas. Integrasi tersebut dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, pembiasaan harian, keteladanan guru, serta budaya madrasah yang mendukung. Keberhasilan integrasi ditentukan oleh konsistensi guru dalam menerapkan nilai, keterlibatan orang tua, serta sinergi antara kurikulum dan lingkungan sekolah. Penelitian ini menawarkan kontribusi orisinal dengan menunjukkan bahwa integrasi nilai Islam tidak hanya bersifat normatif, tetapi juga implementatif dan berdaya ubah terhadap pembentukan karakter anak. Rekomendasi diberikan bagi lembaga pendidikan Islam agar memperkuat pendekatan holistik dalam membina karakter peserta didik melalui nilai-nilai agama.

Character strengthening is an essential aspect of 21st-century education, particularly amid the moral and social crises affecting young generations. This study aims to analyze how Islamic educational values are integrated into character formation at Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Pone. Employing a qualitative case study approach, data were collected through observation, in-depth interviews, and documentation. The findings reveal that the integrated values include honesty, discipline, responsibility, tolerance, and religiosity. These values are embedded through classroom activities, daily routines, teacher role modeling, and a supportive school culture. The success of integration is influenced by teachers’ consistency, parental involvement, and the synergy between curriculum and school environment. This study offers an original contribution by demonstrating that the integration of Islamic values is not merely normative but also practical and transformative in shaping students’ character. It recommends that Islamic educational institutions adopt a holistic approach to character development rooted in religious values.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30