WEB BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: SOLUSI PEMBELAJARAN DI ERA DIGITALISASI
Kata Kunci:
Web Based Learning, Pendidikan Agama Islam (PAI), Digitalisasi Pembelajaran IslamAbstrak
Transformasi digital dalam dunia pendidikan menuntut adanya inovasi dalam model pembelajaran, salah satunya melalui penerapan pembelajaran berbasis web (Web-Based Learning/WBL). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah mendorong guru dan lembaga pendidikan untuk mengadaptasi metode pembelajaran yang tidak hanya efektif, tetapi juga relevan dengan kebutuhan generasi digital saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Data dikumpulkan melalui telaah literatur dari berbagai sumber seperti buku, jurnal ilmiah, artikel, dan dokumen pendidikan yang relevan dengan topik WBL. Analisis dilakukan secara deskriptif-analitis untuk menyusun sintesis teoretis tentang WBL, baik dari segi definisi, desain pembelajaran, efektivitas, maupun tantangan dalam penerapannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WBL memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran yang fleksibel, mandiri, dan berbasis teknologi. Keunggulan WBL terletak pada kemudahan akses, keberagaman sumber belajar, serta peningkatan motivasi belajar peserta didik. Namun, WBL juga menghadapi beberapa kendala seperti keterbatasan sarana teknologi, rendahnya literasi digital, serta minimnya interaksi sosial langsung. Oleh karena itu, diperlukan strategi implementasi yang matang, mulai dari penguatan infrastruktur, peningkatan kompetensi guru, hingga perancangan konten yang kontekstual dan bernilai edukatif Islami. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi konseptual bagi pengambil kebijakan, guru, dan peneliti dalam mengembangkan pembelajaran berbasis web yang efektif dan relevan dengan perkembangan zaman.
Digital transformation in the world of education demands innovation in learning models, one of which is through the implementation of web-based learning (Web-Based Learning/WBL). The development of information and communication technology (ICT) has encouraged teachers and educational institutions to adapt learning methods that are not only effective but also relevant to the needs of today's digital generation. The method used in this study is a qualitative method with a library research approach. Data were collected through literature reviews from various sources such as books, scientific journals, articles, and educational documents relevant to the topic of WBL. The analysis was carried out descriptively-analystically to compile a theoretical synthesis of WBL, both in terms of definition, learning design, effectiveness, and challenges in its implementation. The results of the study show that WBL has great potential in supporting flexible, independent, and technology-based learning. The advantages of WBL lie in easy access, diversity of learning sources, and increased student learning motivation. However, WBL also faces several obstacles such as limited technological facilities, low digital literacy, and minimal direct social interaction. Therefore, a mature implementation strategy is needed, starting from strengthening infrastructure, improving teacher competence, to designing contextual and Islamic educational content. This research is expected to be a conceptual reference for policy makers, teachers, and researchers in developing effective and relevant web-based learning with the development of the times.