PENGERTIAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI, PENGUASAAN MATERI PAI, PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONALITAS GURU PAI, GURU PAI DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Penulis

  • Achmad Junaedi Sitika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nurachman Ramadhan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Fawwas Hafish Harsoyo Universitas Singaperbangsa Karawang

Kata Kunci:

Kompetensi Profesional, Guru PAI, Penguasaan Materi, Profesionalisme, Perspektif Islam

Abstrak

Makalah ini membahas secara komprehensif tentang kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai elemen kunci dalam mewujudkan pendidikan Islam yang berkualitas. Kompetensi profesional guru PAI meliputi penguasaan materi ajar secara mendalam, kemampuan metodologis, dan integrasi nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran. Penguasaan materi oleh guru menjadi indikator penting dalam keberhasilan proses belajar, karena tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik siswa. Selain itu, makalah ini juga mengulas strategi pengembangan profesionalisme guru PAI melalui peningkatan kualifikasi akademik, pelatihan, refleksi diri, serta pemanfaatan teknologi informasi. Dalam perspektif Islam, guru PAI diposisikan sebagai pewaris para nabi yang bertugas tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembina akhlak dan kepribadian peserta didik. Oleh karena itu, guru PAI dituntut memiliki integritas, keikhlasan, serta kemampuan spiritual dan intelektual yang seimbang. Makalah ini diharapkan menjadi rujukan bagi penguatan profesionalisme guru PAI dalam menghadapi tantangan pendidikan kontemporer.

This paper provides a comprehensive discussion on the professional competence of Islamic Religious Education (PAI) teachers as a crucial element in delivering quality Islamic education. The professional competence of PAI teachers includes deep mastery of subject matter, methodological skills, and the integration of Islamic values into the learning process. A teacher’s subject mastery is a key indicator of successful learning, as it emphasizes not only cognitive aspects but also students’ affective and psychomotor development. The paper also explores strategies for developing teacher professionalism through academic qualification improvement, training, self-reflection, and the use of information technology. From an Islamic perspective, PAI teachers are regarded as the heirs of the prophets, whose duties extend beyond teaching to include shaping students’ character and morals. Therefore, PAI teachers are expected to possess integrity, sincerity, and a balanced combination of spiritual and intellectual capabilities. This paper is intended as a reference to strengthen the professionalism of PAI teachers in addressing contemporary educational challenges.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30