STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (SPBM) DALAM PEMBELAJARAN PAI
Kata Kunci:
Masalah, Pembelajaran, Strategi, PAIAbstrak
Keterampilan pemecahan masalah merupakan keterampilan yang sebaiknya dijadikan acuan oleh guru untuk membantu siswa mengembangkan potensi kemampuannya untuk menyelesaikan masalah secara praktis yang akan ditemuinya nanti. Namun Kemampuan tersebut harus ditunjang dengan kemampuan siswa dalam memahami konsep sehari-hari. Strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) dapat dipahami sebagai serangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses pemecahan masalah yang dihadapi secara ilmiah. Berdasarkan pengertian tersebut, SPBM mempunyai tiga fungsi utama. Rancangan masalah dalam strategi pembelajaran berbasis masalah ini adalah sebagai berikut: merancang masalah awal, mengidentifikasi tujuan pembelajaran berbasis masalah, dan merancang masalah. Fitur-fitur SPBM antara lain: masalah merupakan titik awal pembelajaran, masalah merupakan masalah nyata yang tidak terstruktur, masalah memerlukan berbagai perspektif, masalah menantang pengetahuan, sikap dan keterampilan teknis siswa, yang kemudian memerlukan identifikasi kebutuhan belajar dan bidang studi baru. untuk mempelajari Implementasi adalah tentang menerapkan strategi dan mengidentifikasi sumber daya. Implementasi merupakan bagian penting dari proses perencanaan. Untuk mengevaluasi efektivitas rencana tersebut, kita dapat melihat implementasinya. Apa artinya perencanaan jika tidak diimplementasikan dalam operasi sebenarnya. Pada dasarnya tahapan kegiatan pembelajaran meliputi persiapan, pelaksanaan, penilaian dan pemantauan.