POLA KOMUNIKASI GURU AGAMA DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN AL-MUHASIMIYAH CIBINONG

Penulis

  • Siti Nur Azizah Institut Ilmu Al-Qur'an Jakarta
  • Alfun Khusnia Institut Ilmu Al-Qur'an Jakarta

Kata Kunci:

pola komunikasi, pondok pesantren, pembelajaran akhlak

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembelajaran akhlak pada anak sejak dini dengan pola komunikasi yang baik dan benar. Pola komunikasi merupakan bagian yang penting bagi manusia, karena dengan komunikasi manusia bisa saling tukar informasi, dan berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi juga ikut berperan dalam terlaksananya proses pembelajaran di suatu lembaga pendidikan. Tanpa komunikasi maka tidak akan tercapai secara maksimal dalam mendapatkan sebuah hasil yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi guru agama dalam pembelajaran akhlak siswa di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Muhasimiyah Cibinong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu: Kepala Sekolah, Guru dan 4 orang santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Muhasimiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Muhasimiyah Cibinong yakni pola komunikasi satu arah, dua arah, dan multi arah. Berdasarkan hasil wawancara pola komunikasi yang diterapkan guru memiliki dampak terhadap pembelajaran akhlak pada aspek kognitif, afektif dan behavioral siswa.

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-18