SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI: BUKU TEKS, MEDIA DIGITAL, DAN SUMBER REFERENSI

Penulis

  • Asmaul Husna STAI Al Gazali Bulukumba
  • Eka Fitriani STAI Al Gazali Bulukumba
  • Lisnawati R STAI Al Gazali Bulukumba
  • Khaerah Masrurah STAI Al Gazali Bulukumba
  • Umi Nur Kholifatun STAI Al Gazali Bulukumba
  • Anugrah Ainul Yakin STAI Al Gazali Bulukumba
  • Asep Nurjaman STAI Al Gazali Bulukumba

Kata Kunci:

Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam, Media Digital Dalam Pembelajaran PAI, Efektivitas Buku Teks Dan Sumber Referensi PAI

Abstrak

Sumber belajar merupakan komponen penting dalam proses pengajaran yang mempermudah peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran dan kompetensi yang ditetapkan. Dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI), sumber belajar meliputi buku teks, media digital, dan sumber referensi yang dapat mendukung proses transfer pengetahuan agama Islam kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran PAI, serta mengkaji kelebihan dan kelemahan masing-masing sumber belajar tersebut. Buku teks sebagai sumber utama memberikan materi yang terstruktur, sementara media digital menawarkan akses fleksibel dan interaktif. Sumber referensi mendalamkan pemahaman siswa terkait materi PAI. Berdasarkan hasil pembahasan, penggunaan berbagai jenis sumber belajar secara terpadu dapat meningkatkan efektivitas dan keberagaman pembelajaran PAI, yang pada akhirnya dapat mendukung pemahaman dan pengamalan ajaran Islam dengan lebih baik

Learning resources are an essential component in the teaching process that facilitate students in achieving the learning objectives and competencies set. In the context of Islamic Religious Education (PAI), learning resources include textbooks, digital media, and reference sources that support the process of transferring Islamic knowledge to students. This study aims to identify the types of learning resources used in PAI t eaching, as well as to examine the advantages and disadvantages of each of these resources. Textbooks, as the primary source, provide structured material, while digital media offers flexible and interactive access. Reference sources deepen students' understanding of PAI material. Based on the discussion, the integrated use of various types of learning resources can enhance the effectiveness and diversity of PAI teaching, ultimately supporting a better understanding and application of Islamic teachings

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30