KONSEP TA’DIB MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS

Penulis

  • Nia Rahminata Andria Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Wedra Aprison Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Ta'dib, Pendidikan Islam, Syed Muhammad Naquib Al-Attas, Integrasi Ilmu, Akhlak

Abstrak

Artikel ini membahas konsep ta'dib yang diperkenalkan oleh Syed Muhammad Naquib Al-Attas sebagai kerangka pendidikan Islam yang fundamental. Berbeda dengan istilah tarbiyah dan ta'lim yang dianggap kurang sesuai, Al-Attas menekankan bahwa ta'dib mencakup pengajaran, pengetahuan, dan pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam makna ta'dib dan mengevaluasi relevansinya dalam konteks pendidikan Islam kontemporer. Dengan pendekatan kualitatif melalui studi literatur, artikel ini menganalisis karya-karya Al-Attas serta pandangan tokoh lain terkait pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep ta'dib secara komprehensif diharapkan dapat mengatasi tantangan dalam pengembangan sumber daya manusia Muslim dan menghasilkan generasi yang beradab. Konsep ini menekankan pentingnya integrasi ilmu, amal, dan akhlak dalam pendidikan untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30