PERGESERAN PENDIDIKAN ISLAM DAN NILAI SOSIAL DI INDONESIA

Penulis

  • Fathiyyah Putri Pasaribu Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arif Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhiddinur Kamal Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Januar Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Pergeseran, Pendidikan, Nilai Sosial

Abstrak

Pergeseran pendidikan dan nilai sosial merupakan fenomena yang telah terjadi dan menjadi fokus perhatian dalam masyarakat modern saat sekarang ini. Artikel ini mengkaji terkait dengan perubahan-perubahan yang signifikan dalam nilai pendidikan dan juga sosial yang mengarah pada transformasi sebuah kebiasaan pada lingkungan masyarakat khususnya peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis untuk menggambarkan dampak yang terjadi pada pergeseran nilai dalam berbagai konteks. Pada kehidupan sosial masyarakat saat ini pergeseran nilai tercermin dalam perubahan sikap dan perilaku masyarakat terkait dengan norma, etika dan moralitas. Perubahan ini dapat menciptakan ketidakseimbangan dalam hubungan sosial, menciptakan konflik nilai, dan mengubah dinamika interaksi antarindividu. Dalam pendidikan, pergeseran nilai memiliki dampak signifikan pada kurikulum, metode pengajaran, dan tujuan pendidikan. Pendidikan modern cenderung menekankan pada kemampuan teknis dan pemahaman global, sementara aspek moral dan karakter sering kali diabaikan. Hal ini dapat mengarah pada generasi yang mungkin memiliki pengetahuan yang luas, tetapi kurangnya nilai-nilai yang kuat. Oleh karena itu, pergeseran nilai dalam kehidupan sosial dan pendidikan menimbulkan tantangan yang serius dalam mempertahankan nilai-nilai yang berharga dalam masyarakat.

The shift in education and social values is a phenomenon that has occurred and is the focus of attention in today's modern society. This article examines significant changes in educational and social values that lead to the transformation of a habit in the community environment, especially students. This study uses a descriptive approach of analysis to describe the impact that occurs on value shifts in various contexts. In the social life of today's society, the shift in values is reflected in changes in people's attitudes and behaviors related to norms, ethics and morality. These changes can create imbalances in social relationships, create value conflicts, and change the dynamics of interactions between individuals. In education, value shifts have a significant impact on the curriculum, teaching methods, and educational goals. Modern education tends to emphasize technical ability and global understanding, while moral and character aspects are often overlooked. This can lead to a generation that may have extensive knowledge, but lack strong values. Therefore, the shift in values in social life and education poses a serious challenge in maintaining valuable values in society. 

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30