UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN IMAN DAN IHSAN PADA PENDIDIKAN ANAK DIKELAS VII SMP IT ALFITYAN MEDAN
Kata Kunci:
Guru Akidah Akhlak Dan Iman Dan IhsanAbstrak
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Iman Dan Ihsan Pada Pendidikan Anak Di Kelas VII SMP IT Alfityan Medan. b). Untuk mengetahui apakah pakah upaya guru Akidah Akhlak dapat meningkatkan penanaman Iman dan Ihsan pada pendidikan anak di Kelas VIISMP IT Alfityan Medan DAN Untuk mengetahui kendala guru Akidah Akhlak dalam menanamkan Iman dan Ihsan pada pendidikan anak di Kelas VIISMP IT Alfityan Medan Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan objek penelitian informan penelitian kepala sekolah, guru PAI, guru akhlak, guru dan siswa dan kepala sekolah dengan teknik pengumpulan data wawancara, analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa Upaya guru akidah akhlak dalam menanamkan iman dan ihsan pada pendidikan anak di Kelas VII SMP IT Alfityan Medanadalah melakukan penanaman melalui proses pembelajaran akidah akhlak di kelas dan melakukan pembinaan melalui pembiasaan, peneladanan dan memberikan hukuman yang melanggar disiplin di luar kelas. Upaya guru Akidah Akhlak dapat meningkatkan penanaman Iman dan Ihsan pada pendidikan anak di Kelas VIISMP IT Alfityan Medan, hal ini terlihat dengan adanya peningkatan kerajinan belajar, kepatuhan terhadap disiplin dan peraturan sekolah, menghormati guru dan menghargai sesame teman di sekolah. Kendala guru Akidah Akhlak dalam menanamkan Iman dan Ihsan pada pendidikan anak di Kelas VIISMP IT Alfityan Medan hanya permasalahan waktu yang cukup semit dalam proses penanaman iman dan ihsan baik dalam proses pembelajaran maupun pendidikan dan pembinaan di luar jam pelajaran.
This study aims to determine the efforts of Aqidah Akhlak Teachers in Instilling Faith and Ihsan in Children's Education in Grade VII of SMP IT Alfityan Medan. b). To find out whether the efforts of Akidah Akhlak teachers can improve the instillation of Faith and Ihsan in children's education in Class VII of Al Amjad Middle School Medan AND To find out the obstacles of Akidah Akhlak teachers in instilling Faith and Ihsan in children's education in Class VII of Al Amjad Middle School Medan This research method is qualitative with the research object of the research informant principal, PAI teacher, akhlak teacher, teachers and students and the principal with interview data collection techniques, data analysis used is data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study are that the efforts of akidah akhlak teachers in instilling faith and ihsan in children's education in Class VII of Al Amjad Middle School Medan are to instill through the process of learning akidah akhlak in class and to provide guidance through habituation, role models and giving punishments that violate discipline outside the classroom. The efforts of Akidah Akhlak teachers can improve the instillation of Faith and Ihsan in children's education in Class VII of SMP IT Alfityan Medan, this can be seen from the increase in learning diligence, compliance with school discipline and regulations, respecting teachers and respecting fellow friends at school. The obstacle for Akidah Akhlak teachers in instilling Faith and Ihsan in children's education in Class VII of SMP IT Alfityan Medan is only a matter of time which is quite short in the process of instilling faith and ihsan both in the learning process and education and coaching outside of class hours.