DAMPAK PEMBIAYAAN PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP AKSES DAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA

Penulis

  • Olga Yosnita Sari UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Junaidi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Pembiayaan Pendidikan Islam, Akses Pendidikan, Kualitas Pendidikan, Zakat, Infak, Kebijakan Pendidikan, Pendidikan Inklusif

Abstrak

Di Indonesia, pembiayaan pendidikan Islam memainkan peran penting dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pembiayaan pendidikan Islam berdampak pada kedua aspek tersebut. Metode yang digunakan meliputi analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan pendidikan Islam, baik melalui dana zakat, infak, maupun sumbangan, telah meningkatkan akses pendidikan bagi kelompok masyarakat yang kurang mampu. Selain itu, keberadaan lembaga keuangan syariah juga berkontribusi dalam menyediakan dana pendidikan yang lebih mudah diakses. Namun, tantangan tetap ada, seperti disparitas dalam kualitas pendidikan antara lembaga pendidikan yang mendapatkan pembiayaan yang cukup dan yang tidak. Oleh karena itu, perlu adanya kebijakan yang lebih inklusif dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa semua lapisan masyarakat mendapatkan kesempatan yang sama dalam mengakses pendidikan berkualitas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan dalam merancang strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan pembiayaan pendidikan Islam di Indonesia

In Indonesia, Islamic education financing plays an important role in improving access and quality of education. The purpose of this study is to see how Islamic education financing impacts on these two aspects. The method used includes qualitative analysis. The results show that Islamic education financing, either through zakat, infaq, or donation funds, has improved access to education for underprivileged groups. In addition, the existence of Islamic financial institutions also contributes to providing more accessible education funds. However, challenges remain, such as disparities in the quality of education between educational institutions that receive sufficient financing and those that do not. Therefore, there is a need for more inclusive and sustainable policies to ensure that all levels of society get equal opportunities in accessing quality education. This research is expected to provide insights for policymakers and stakeholders in designing more effective strategies to improve Islamic education financing in Indonesia

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30