PERAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN PENDIDIKAN BERBASIS FITRAH UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI SISWA

Penulis

  • Tesrawati UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi
  • Junaidi UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Peran Guru, Pendidikan Berbasis Fitrah, Potensi Siswa

Abstrak

Penelitian ini membahas peran guru dalam mengoptimalkan pendidikan berbasis fitrah sebagai upaya untuk mengembangkan potensi siswa. Pendidikan berbasis fitrah merupakan pendekatan yang berfokus pada pengembangan bakat alami atau potensi bawaan setiap individu, yang diyakini hadir sejak lahir. Konsep ini mengakui bahwa setiap siswa memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri yang perlu dihargai dan dikembangkan. Dalam konteks ini, guru memegang peran krusial tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing dan fasilitator dalam proses pengenalan diri siswa. Guru dituntut untuk memiliki kepekaan dan empati agar mampu mengenali kebutuhan dan bakat unik setiap siswa, sehingga potensi tersebut dapat berkembang secara optimal. Selain itu, guru diharapkan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang fleksibel dan mendukung, yang memungkinkan siswa untuk bereksplorasi sesuai minat dan kemampuannya. Dalam praktiknya, pendidikan berbasis fitrah masih menghadapi kendala, terutama dalam sistem pendidikan formal yang mengutamakan standar kurikulum dan evaluasi akademik. Kolaborasi antara guru dan orang tua serta pemanfaatan teknologi menjadi solusi yang efektif dalam mendukung implementasi pendidikan berbasis fitrah. Penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan pendidikan yang menghargai keunikan setiap siswa dan menyimpulkan bahwa peran guru sangat berpengaruh dalam membentuk karakter dan potensi siswa melalui pendidikan berbasis fitrah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30