MODEL KEPEMIMPINAN VISIONER DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER
Kata Kunci:
Pemimpin, Lembaga, Pembelajaran IslamAbstrak
Tujuan studi ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan kepemimpinan visioner pada lembaga pendidikan dan alternatif pemecahan yang bisa diupayakan dalam mengatasi permasalahan tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research). Hasil dari studi ini setiap pemimpin suatu lembaga pendidikan Islam dituntut untuk memiliki visi, nilai, serta norma yang tajam serta mendalam. Oleh karena itu, anggotanya dapat secara tertib menyesuaikan diri serta menjalankan dan menjajaki pada suatu era kedepan. Ini menampilkan bahwa kedudukan pemimpin visioner sangat berarti buat proses itu. Tuntutan lain pemimpin diharuskan untuk sanggup mewujudkan kepemimpinannya berupa visi serta misi lewat kerja rasional serta program operasionalnya. Secara operasional, pelaksanaan kepemimpinan visioner di Lembaga pembelajaran Islam dengan menghasilkan budaya kualitas serta totalitas mutu. Orientasi serta aktualisasi budaya kualitas dapat diperoleh lewat pelaksanaan kepemimpinan visioner dalam lembaga pembelajaran Islam.
The purpose of this study is to describe the problems of visionary leadership in ducational institutions and alternative solutions that can be pursued in overcoming these problems. This type of research uses library research. The results of this study show that every leader of an Islamic educational institution is required to have a sharp and deep vision, values, and norms. Therefore, its members can adapt themselves in an orderly manner and carry out and explore in a future era. This shows that the position of visionary leader is very important for the process. Other demands of leaders are required to be able to realize their leadership in the form of a vision and mission through rational work and operational programs. Operationally, the implementation of visionary leadership in Islamic learning institutions by producing a culture of quality and totality of quality. Orientation and actualization of a quality culture can be obtained through the implementation of visionary leadership in Islamic learning institutions.