KOLABORASI ANTARA SEKOLAH DAN ORANG TUA UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG OPTIMAL PADA MADRASAH DINIYAH SYAICHONA CHOLIL SAMARINDA
Kata Kunci:
Kolaborasi Sekolah-Orangtua, Lingkungan Belajar, Madrasah DiniyahAbstrak
Penelitian ini mengkaji tentang pentingnya kolaborasi antara pihak sekolah dan orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang optimal di Madrasah Diniyah Sabilillah Syaichona Cholil Samarinda. Di era modern ini, tantangan pendidikan semakin kompleks sehingga membutuhkan sinergi yang kuat antara institusi pendidikan dan keluarga untuk memastikan keberhasilan proses pembelajaran siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk-bentuk kolaborasi yang telah terjalin, mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat, serta merumuskan strategi pengembangan kolaborasi yang lebih efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan 8 guru, 65 orang tua siswa, dan 2 staf administratif sebagai informan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi yang terjalin meliputi komunikasi rutin melalui buku penghubung, pertemuan orang tua-guru berkala, dan keterlibatan orang tua dalam kegiatan ekstrakurikuler. Faktor pendukung meliputi kesadaran tinggi orang tua akan pentingnya pendidikan agama, komitmen guru dalam membimbing siswa, dan sistem komunikasi yang terstruktur. Sementara faktor penghambat mencakup keterbatasan waktu orang tua, jarak geografis, dan perbedaan persepsi tentang metode pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan platform digital untuk memudahkan komunikasi, pelatihan parenting berkala, dan pembentukan forum kolaboratif orang tua-guru. Implementasi rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas lingkungan belajar dan prestasi siswa di Madrasah Diniyah Sabilillah Syaichona Cholil Samarinda. Kontribusi penelitian ini signifikan dalam memberikan pemahaman mendalam tentang dinamika kolaborasi sekolah-orang tua dalam konteks pendidikan madrasah diniyah, serta menyediakan kerangka praktis untuk pengembangan program kolaborasi yang efektif.
This study examines the importance of collaboration between schools and parents in creating an optimal learning environment at Madrasah Diniyah Syaichona Cholil Samarinda. In this modern era, educational challenges are increasingly complex, requiring strong synergy between educational institutions and families to ensure the success of students' learning processes. The purpose of this study was to analyze the forms of collaboration that have been established, identify supporting and inhibiting factors, and formulate strategies for developing more effective collaboration. This study used a qualitative approach with a case study method, involving 15 teachers, 30 parents of students, and 5 administrative staff as informants. Data collection was carried out through in-depth interviews, participatory observation, and analysis of school documents. The results of the study showed that the collaboration that was established included routine communication through a liaison book, periodic parent-teacher meetings, and parental involvement in extracurricular activities. Supporting factors include parents' high awareness of the importance of religious education, teachers' commitment to guiding students, and a structured communication system. Meanwhile, inhibiting factors include parents' limited time, geographical distance, and differences in perceptions about learning methods. This study recommends the development of a digital platform to facilitate communication, regular parenting training, and the establishment of a parent-teacher collaborative forum. The implementation of these recommendations is expected to improve the quality of the learning environment and student achievement at Madrasah Diniyah Syaichona Cholil Samarinda. The contribution of this study is significant in providing an in-depth understanding of the dynamics of school-parent collaboration in the context of madrasah diniyah education, as well as providing a practical framework for the development of effective collaboration programs.