PENDIDIKAN AQIDAH SEBAGAI PONDASI AKHLAK DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA GLOBALISASI DI MADRASAH ALIYAH AL ITTIFAQIAH 2

Penulis

  • Harisa Febrihana Institut Agama Islam Al-Qur’an dan Al-Ittifaqiah
  • Dwi Noviani Institut Agama Islam Al-Qur’an dan Al-Ittifaqiah

Kata Kunci:

Pendidikan Aqidah, Akhlak, Kurikulum Pendidikan Islam, Era Globalisasi, Madrasah Aliyah

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang pendidikan aqidah sebagai pondasi akhlak dalam kurikulum pendidikan Islam pada era globalisasi di Madrasah Aliyah Al Ittifaqiah 2. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pendidikan aqidah, perannya dalam pembentukan akhlak siswa, dan relevansinya dengan tantangan era globalisasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan aqidah di MA Al Ittifaqiah 2 diimplementasikan melalui integrasi dalam kurikulum pembelajaran, pembiasaan praktik ibadah, dan program penguatan karakter Islami. Pendidikan aqidah terbukti menjadi fondasi kuat dalam pembentukan akhlak siswa yang tercermin dalam perilaku religius, kedisiplinan, dan karakter positif lainnya. Dalam menghadapi era globalisasi, sekolah mengembangkan kurikulum pendidikan aqidah yang adaptif dengan memadukan nilai-nilai keislaman tradisional dan kompetensi modern. Penelitian menyimpulkan bahwa pendidikan aqidah yang kuat dan relevan dengan konteks kekinian mampu membentengi siswa dari dampak negatif globalisasi sekaligus mempersiapkan mereka menghadapi tantangan zaman dengan tetap berpegang pada nilai-nilai Islam.

This research examines aqidah education as a moral foundation in the Islamic education curriculum in the globalization era at Madrasah Aliyah Al Ittifaqiah 2. The study aims to analyze the implementation of aqidah education, its role in students' moral development, and its relevance to the challenges of globalization. The research employs a qualitative approach with a case study method. Data collection was conducted through observation, in-depth interviews, and documentation study. The results show that aqidah education at MA Al Ittifaqiah 2 is implemented through curriculum integration, religious practice habituation, and Islamic character strengthening programs. Aqidah education proves to be a strong foundation in shaping students' morals, reflected in religious behavior, discipline, and other positive characters. In facing the globalization era, the school develops an adaptive aqidah education curriculum by combining traditional Islamic values and modern competencies. The research concludes that strong aqidah education relevant to contemporary contexts can protect students from the negative impacts of globalization while preparing them to face contemporary challenges while adhering to Islamic values.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29