PENDIDIKAN BERBASIS LITERASI DIGITAL DALAM MENGUATKAN MODERASI BERAGAMA BAGI SISWA DI SMP NEGERI SATU ATAP JIPURAPAH PLANDAAN JOMBANG
Kata Kunci:
Pendidikan berbasis literasi digital, moderasi beragamaAbstrak
Artikel ini membahas tentang "Penerapan Berbasis Literasi Digital Dalam Menguatkan Moderasi Beragama bagi Siswa di SMP Negeri Satu Atap Jipurapah Plandaan Jombang". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran berbasis literasi digital dalam menguatkan moderasi beragama di SMP Negeri Satu Atap Jipurapah. Latar belakang dari penulisan Tugas Akhir ini adalah bagaikan pisau bermata dua, perkembangan teknologi membawa dampak positif juga negatif. Menghadapi tantangan demikian, pada generasi Z, literasi menjadi hal utama sebakai bekal menyelami dunia virtual dengan tetap memegang teguh ajaran agama yang memiliki nilai moderat. Oleh karena itu, penelitian ini hendak melakukan analisis dan mendeteksi tingkat dari literasi digital terhadap moderasi beragama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian lapangan, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi, teknik analisis data menggunakan penyajian data, reduksi data, serta penarikan kesimpulan. Pembelajaran berbasis literasi digital dalam menguatkan moderasi beragama di SMP Negeri Satu Atap Jipurapah dilakukan dalam bentuk penugasan membuat tulisan berupa pengalaman pribadi bergaul dengan orang lain, sikap terhadap NKRI, serta tentang pahlawan. Hasil penelitian ini bisa menjadi rujukan untuk sekolah-sekolah di seluruh Indonesia dalam melaksanakan pembelajaran berbasis literasi digital dalam menguatkan moderasi beragama.