IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NURUL IMAN
Kata Kunci:
Model pembelajaran think pair share (TPS),, Pendidikan Agama Islam,, Kemampuan berpikir kritis.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Nurul Iman Jakarta Timur. Tujuan penelitian mengetahui kemapuan berpikir kritis peserta didik dalam penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap materi PAI dalam penggunaan model pembelajaran TPS. Model belajar TPS membuktikan perubahan kemampuan berpikir peserta didik semakin baik dan model pembelajaran TPS sangat efektif digunakan untuk semua mata pelajaran di berbagai tingkatan pendidikan dan di semua klasifikasi usia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Nurul Iman Jakarta Timur. Tujuan penelitian mengetahui kemapuan berpikir kritis peserta didik dalam penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap materi PAI dalam penggunaan model pembelajaran TPS. Model belajar TPS membuktikan perubahan kemampuan berpikir peserta didik semakin baik dan model pembelajaran TPS sangat efektif digunakan untuk semua mata pelajaran di berbagai tingkatan pendidikan dan di semua klasifikasi usia.