MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE, GUIDE DAN LEARNING START BY A QUESTION DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA SD MUHAMMADIYAH 1 JAKARTA

Penulis

  • Anissa Rahman Universitas Islam Djakarta
  • Sunaryo Universitas Islam Djakarta
  • Muhammad Faisal Sitohang Universitas Islam Djakarta
  • Marhamah Universitas Islam Djakarta

Kata Kunci:

Pembelajaran aktif,, The Group to Group Exchange,, Quide dan learning Start By A Question

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengobservasi efektivitas berbagai model pembelajaran   dalam meningkatkan keaktifan siswa di SD Muhammadiyah 1 Jakarta. Model pembelajaran yang diteliti meliputi Group to Group Exchange, Guide dan Learning Start By A Question. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif observasional dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung di lapangan terhadap interaksi siswa, keterlibatan dalam aktivitas kelas, serta umpan balik dari siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara rinci bagaimana setiap model mempengaruhi keaktifan siswa. Hasil menunjukkan bahwa semua model pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa, namun dengan tingkat efektivitas yang berbeda. Model Group to Group Exchange dan Learning Start By A Question menunjukkan peningkatan keaktifan yang lebih signifikan dibandingkan Guide. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan strategi pembelajaran di sekolah dasar, khususnya dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan guru.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31