TRANSFORMASI PEMBELAJARAN: INTEGRASI MODEL TOPICAL REVIEW, ANALISIS ROI (RETURN ON YOUR INVESTMENT), POSTER SESSION, GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN PAI JURNAL
Kata Kunci:
integrasi model,, Pembelajaran aktif,, pengajuan pertanyaan.Abstrak
Penelitian, model pembelajaran aktif (Active Learning) dapat digunakan untuk mata pelajaran PAI di sekolah dengan menggunakan strategi seperti Topical Review, Sesi Poster, Analisis Roi (Return on Your Investment), Giving Question and Getting Answer. Tujuan utama model ini adalah agar siswa menjadi manusia yang mampu berpikir kritis dan berpendapat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian deskriptif-kritis dengan lebih menekankan pada kekuatan analisis sumber-sumber dan data-data saat ini. Mereka menggunakan teori dan konsep yang sudah ada untuk menginterpretasikan tulisan-tulisan yang menghasilkan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru lebih ramah terhadap siswanya, kompetisi yang sehat di kelas, peningkatan antusiasme dan keseriusan siswa, penurunan kesenjangan pengetahuan, semangat belajar siswa yang meningkat di luar sekolah, peningkatan minat siswa pada seluruh mata pelajaran, dan munculnya ide-ide kreatif dari siswa dan guru. Oleh karena itu, "model pembelajaran aktif (aktif learning) dengan strategi pengajuan pertanyaan" dapat digunakan untuk menghasilkan pembelajaran inovatif di mana proses pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru tetapi juga siswa harus berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan maknanya.