MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE DALAM MENINGKKATKN KEAKTIFAN SISWA SMP MUHAMMADIYAH 50 JAKARTA

Penulis

  • Luluk Dwi Ratnandari Universitas Islam Jakarta
  • Fathan Kamil Universitas Islam Jakarta
  • Henny Rosita Universitas Islam Jakarta
  • Danil Despa Ansara Universitas Islam Jakarta

Kata Kunci:

Pembelajaran Aktif,, Keaktifan Siswa.

Abstrak

Penelitian, model pembelajaran aktif (Active Learning) dapat digunakan untuk mata pelajaran PAI di sekolah dengan menggunakan strategi seperti Peer Lessons, Everyone is teacher Here, Informastion Search, The Study Group. Tujuan utama model ini adalah agar siswa menjadi manusia yang mampu berpikir kritis dan berpendapat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian deskriptif-kritis dengan lebih menekankan pada kekuatan analisis sumber-sumber dan data-data saat ini. Mereka menggunakan teori dan konsep yang sudah ada untuk menginterpretasikan tulisan-tulisan yang menghasilkan diskusi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru lebih ramah terhadap siswanya, kompetisi yang sehat di kelas, peningkatan antusiasme dan keseriusan siswa, penurunan kesenjangan pengetahuan, semangat belajar siswa yang meningkat di luar sekolah, peningkatan minat siswa pada seluruh mata pelajaran, dan munculnya ide-ide kreatif dari siswa dan guru. Oleh karena itu, "model pembelajaran aktif (aktif learning) dengan strategi pengajuan pertanyaan" dapat digunakan untuk menghasilkan pembelajaran inovatif di mana proses pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru tetapi juga siswa harus berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan maknanya.

Diterbitkan

2024-08-31