PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Penulis

  • Achmad Sauri Universitas Islam Jakarta
  • Ibrahim Hakim Universitas Islam Jakarta
  • Rahmat Abdul Fatah Universitas Islam Jakarta
  • Lutfia Tunnurussyifa Universitas Islam Jakarta
  • Marhamah Universitas Islam Jakarta

Kata Kunci:

model pembejaran team quiz, kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar

Abstrak

Kemampuan siswa untuk kompetensi mata pelajaran PAI cukup rendah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Team Quiz dan mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajar Team Quiz untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar Pendidikan agama islam siswa kelas IX SMP Islam At-Taubah Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Sabjek penelitiannya adalah siswa kelas IX SMP Islam At-Taubah semester satu tahun pelajaran 2024/2025 SMP Islam At-Taubah. Untuk sampel kuasi eksperimen adalah kelas IX-2. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran Team Quiz, lembaran observasi kemampuan berfikir kritis, dan tes prestasi belajar. Analisa data menggunakan uji-test yang terdiri dari uji beda antar siklus dan uji-test beda dua sampel yang tidak berhubungan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan efektip meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31