IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SMP NABIL HUSEIN SAMARINDA

Penulis

  • Slamet Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Fathul Janah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sri Susmiyati Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Kata Kunci:

Karakter, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa SMP Pondok Pesantren Nabil Husien Samarinda dapat dinyatakan belum terlaksana secara maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa factor yaitu: 1) profesionalisme guru pengajar berupa perilaku guru yang tidak tepat waktu dalam mengajar, penggunaan bahan ajar serta metode pembelajaran yang monoton dalam mengajar. 2) Keaktifan siswa dalam belajar, berkaitan dengan proses penumbuhan minat belajar peserta didik. 3) Fasilitas sarana dan prasarana dalam mengajar, adanya larangan membawa media elektronik bagi peserta didik disekolah. Selain faktor penghambat diatas pembelajaran Pendidikan Agama Islam juga berdampak pada pembentukan karakter religius dan karakter peduli sosial siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa SMP Nabil Husein Samarinda serta faktor penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini berfokus pada siswa kelas VIII sebagai sampel dalam melaksanakan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil observasi dan wawancara sedangkan data sekunder berupa dokumen pendukung terkait proses pembelajaran berlangsung

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31