PENDAMPINGAN BACA TULIS AL-QUR’AN DENGAN METODE TABARAK DI MASJID AT-TAQWA KOTO PANJANG

Penulis

  • Mohamad Tabri UIN Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati UIN Imam Bonjol Padang
  • Nana Sepriyanti UIN Imam Bonjol Padang

Kata Kunci:

Metode Tabarak, Pendampingan

Abstrak

Tujuan pendampingan ini ialah untuk mengetahui bagaimana implementasi Metode Tabarak dalam mengahafal Al-Qur’an di Masjid At-Taqwa Koto Panjang, serta untuk mengetahui Bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan Metode Tabarak di Masjid At-Taqwa Koto Panjang. Cara ini menggunakan Metode yang efektif dengan cara Teknik pengumpulan data, observasi dan berupa dokumentasi. Sumber data berasal dari guru yang mengajar dengan membimbing menggunakan Metode Tabarak di Lembaga tersebut, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan tersebut memberikan penjelasan sebagai berikut: 1) Di Masjid At-Taqwa Koto Panjang, kegiatan pembelajaran dengan Metode Tabarak untuk menghafal Al-Qur’an di pimpin oleh guru ngaji yang sudah mengikuti pelatihan sebelumnya khusus yang berkaitan dengan pembelajaran Metode Tabarak. Hafalan dilanjutkan dengan audio murotal berupa MP3 yang sudah dibagikan kepada masing-masing anak didik. Media ini juga dapat digunakan untuk kegiatan dirumah Bersama orang tua dan keluarga. Dan kegiatan ini menggunakan media pembelajaran lainnya seperti: speaker, televisi, dan lain-Lain. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajran ini yaitu dengan adanya peran Guru ngaji sebagai pendidik yang menyenangkan bagi anak didik juga memiliki penguasaan hafalan yang baik, fasilitas yang memadai, dan kerja sama yang baik dari seorang guru dalam menghafal Al-Qur’an. 3). Faktor penghambat kegiatan ini ialah kurang fokusnya pada anak didik akibat anak didik bermain di dalam ruangan, anak terlambat, kurangnya pengawasan dari orang tua anak didik di sebabkan kesibukan di luar rumah, dan masih terdapat guru yang belum menguasai. Temuan tersebut memiliki dampak, yang menunjukkan bahwa sistem pembelajan anak didik harus di perkuat oleh guru dan guru ngaji lainnya. Guru ngaji ngaji juga dituntut untuk meningkatkan keterampilan untuk menggunakan strategi dengan menggunakan Metode Tabarak ini.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30